Efektivitas ZoSS (Zona Selamat Sekolah) ditinjau dari observasi dan persepsi terhadap penyeberang dan pengemudi
HAMONANGAN, Edison Brase, Prof.Dr.Ir. Siti Malkhamah, M.Sc
2007 | Tesis | Magister Sistem dan Teknik TransportasiZona Selamat Sekolah (ZoSS) adalah lokasi diruas jalan tertentu yang merupakan zona kecepatan berbasis waktu untuk mengatur kecepatan kendaraan dilingkungan tingkat sekolah dasar. Penerapan ZoSS dilakukan pada intinya adalah untuk melindungi pejalan kaki anak sekolah dari bahaya kecelakaan lalu lintas dimana kendaraan yang berada dalam zona sekolah harus dengan kecepatan rendah untuk memberikan waktu reaksi yang lebih lama dalam mengantisipasi gerakan anak sekolah yang bersifat spontan dan tak terduga sehngga dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Evaluasi untuk mengetahui efektifitas ZoSS perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kinerja ZoSS guna memberikan keselamatan bagi pejalan kaki sehingga keberadaan ZoSS tidak dilakukan dengan percuma. Studi dilakukan di Surakarta pada Sekolah Dasar Al Islam 2 Jalan Veteran jamsaren Serengan Surakarta. Penelitian ini dilakukan dengan 2 tahap yaitu pengamatan terhadap perilaku penyeberang jalan, perilaku pengantar, perilaku pengemudi, kecepatan kendaraan, volume lalu lintas terkait dengan tingkat pelayanan ruas jalan tahap kedua dilakukan dengan wawancara dengan bantuan kuesioner untuk mengetahui persepsi dari pengemudi dan penyeberang jalan yang mengetahui dan pernah merasakan ZoSS dimaksud. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan ZoSS belum efektif masih banyak tingkat kinerja ZoSS yang belum memuaskan seperti tata letak rambu rambu lalu lintas, jumlah, desain dan letak pita penggadu serta terdapat pedagang kaki lima, becak, sepeda motor yang parkir di area ZoSS, kebersihan diZoSS, perilaku pengemudi yang tidak mengurangi kecepatan saat melintasi ZoSS apabila aktifitas pejalan kaki khususnya anak sekolah tidak ada.
Safety School Zone (ZoSS) is a location on certain way which is as speed zone bases on time to regulated vehicle speed in elementary school area. The main application of ZoSS is to protecting student pedestrian from traffic accident where the vehicle that through the school zone must exceed this zone with slow speed to give longer reaction time to anticipate the spontaneous and unexpected movement of the student so that the traffic accident could be happened. The evaluation to know the effectiveness of ZoSS should be done to know how far the activity level of ZoSS to give the safety for pedestrian so that existence of ZoSS is not ineffectual. The research was done in Surakarta at Al Islam 2 Elementary School on Jalan Veteran jamsaren Serengan Surakarta. This research was done by 2 phase that is observation to behavior of passerby, behavior of companion, behavior of the driver, vehicle speed, and traffic volume related to level of service of a certain way. The second phase was done by doing the interview helped by questionnaire to know the perception of the driver and road defector who knows and ever felt the ZoSS. Result of the research declared that application of ZoSS has not been effective. There is still many level of activity of ZoSS which had not satisfy such as a traffic sign layout, amount, design and lay out of rumble street and there wassidewalk merchant, Pedi cab, motorcycle parking in ZoSS, the cleanliness of ZoSS, behavior of driver that did not slow down they vehicle speed when getting through at ZoSS especially if the activity of pedestrian student is not exist.
Kata Kunci : Kinerja Prasarana Jalan,Zona Selamat Sekolah,Efektivitas,Persepsi Pengemudi,affectivity, speed, safety, behavior