Perancangan laboratorium campuran Semi Flexible Pavement dengan menggunakan Additive Sikament NN pada Mortar Semen dan BGA pada aspal
GEMADA, Adpati, Dr.Ir. Latif Budi Suparma, M.Sc
2007 | Tesis | Magister Sistem dan Teknik TransportasiSeiring dengan perkembangan di bidang transportasi, penelitian terus dilakukan untuk menghasilkan jenis perkerasan alternatif dengan maksud mengurangi penggunaan aspal yang harganya semakin mahal dan untuk mengatasi permasalahan pada daerah perkerasan yang mengalami waktu pembebanan yang lama. Semi flexible pavement merupakan salah satu jenis perkerasan alternatif tersebut yang dapat dihasilkan dengan dengan meng-grouting campuran aspal panas bergradasi terbuka dengan mortar semen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan pengaruh penggunaan additive Sikament NN pada mortar semen dan BGA pada aspal dalam campuran semi flexible pavement. Penelitian dilakukan dengan membuat benda uji open graded asphalt (OGA) dengan variasi kadar aspal 2,5% ; 3,0% ; dan 3,5% yang ditambahkan 0,3% additive Buton Granular Asphalt (BGA) dengan jumlah tumbukan 35 kali sebanyak 72 buah. Briket OGA di-grouting mortar semen dengan variasi kadar additive Sikament NN 1,2% ; 1,3% ; 1,4% ; dan 1,5% menjadi benda uji campuran semi flexible pavement. 36 buah benda uji diuji Marshall dan 36 buah diuji Indirect Tensile Strengt Test (ITS) pada umur 14 hari. Analisis yang dilakukan adalah terhadap density, stability, flow, Marshall Quotient (MQ) dan nilai ITS yang dikonversikan ke umur 28 hari. Hasil rancangan campuran semi flexible pavement memiliki density berkisar antara 2,016 gr/cm3 hingga 2,122 gr/cm3 ; stability berkisar antara 1.707 kg hingga 2.465 kg ; flow berkisar antara 0,4 mm hingga 1,1 mm ; nilai MQ berkisar antara 1.937,8 kg/mm hingga 7.360,2 kg/mm ; dan nilai ITS berkisar antara 745 kPa hingga 1.147 kPa. Rancangan semi flexible pavement terbaik adalah pada kadar aspal 3,5% dengan kadar Sikament NN 1,2% yang memiliki performa relatif lebih baik dimana memiliki stability sebesar 2.465 kg ; MQ sebesar 7.360,2 kg/mm ; dan ITS sebesar 987 kPa.
Along with development in transportation sector, researches are done to yield alternative pavement type for the purpose of lessening usage of asphalt that is the price of asphalt is more expensive and to overcome problems at pavement areas that experience long of time loading. Semi flexible pavement is one of the alternative pavement type. It is open graded asphalt mixture that is grouted by cements mortar. This research is purposed to know characteristic and effect of Sikament NN as cements mortar additive and BGA as asphalt additive in semi flexible pavement mixture design. Research was done with making 72 specimens of open graded asphalt (OGA) in asphalt content variation of 2,5% ; 3,0% ; and 3,5% that were added by 0,3% of BGA with number of hammerings 35 times. OGA specimens was grouted with cements mortar in Sikament NN additive content variation of 1,2% ; 1,3% ; 1,4% ; and 1,5% become specimens of semi flexible pavement mixture. 36 specimens was tested by Marshall and 36 specimens was tested by Indirect Tensile Strengt Test ( ITS) at the age of 14 days. Analysis was done to recognize density value, stability value, flow value, Marshall Quotient (MQ) value and ITS value that was converted to the age of 28 days. The Result of semi flexible pavement mixture analysis were the density value ranges from 2,016 gr/cm3 until 2,122 gr/cm3 ; stability value ranges from 1.707 kg until 2.465 kgs ; flow value ranges from 0,4 mm until 1,1 mm ; MQ value ranges from 1.937,8 kg/mm until 7.360,2 kg/mm ; and ITS value ranges from 745 kPa until 1.147 kPa. The best of semi flexible pavement design is at asphalt content variation of 3,5% with Sikament NN additive content variation of 1,2% because it gives better performance that stability value is 2.465 kg ; MQ value is 7.360,2 kg/mm ; and ITS value is 987 kPa.
Kata Kunci : semi flexible pavement, Sikament NN, Buton Granular Asphalt (BGA), open graded asphalt (OGA)