Laporkan Masalah

Analisis transformasi bisnis PTP Nusantara IV (Persero) Medan

HARAHAP, Dahlan, Prof.Dr.Ir. Irham, M.Sc

2007 | Tesis | Magister Manajemen Agribisnis

Globalisasi, yang didorong oleh kemajuan sistem transportasi dan teknologi informasi, telah menjadikan dunia semakin mendatar (flattered). Implikasinya, persaingan bisnis semakin ketat. Kunci untuk mempertahankan daya saing adalah dengan menciptakan inovasi baru, efisiensi dan efektivitas, serta bagaimana korporasi mampu berkreasi untuk meningkatkan nilai perusahaan (value creation). Untuk mencapai hal itu, tata kelola perusahaan harus ditingkatkan setara best practice company, yaitu sistem dan proses pengelolaan perusahaan setara perusahaan terbaik di kelompok industrinya. Transformasi bisnis adalah salah satu platform perubahan, dalam upaya meningkatkan daya saing. Sebagai instrumen perubahan, transformasi harus dilakukan komprehensif dan susbstansial. Mencakup aktivitas pokok dan penunjang perusahaan, serta elaborasi terhadap struktur, strategi, sistem, kompetensi, gaya manejemen, SDM dan sistem nilai perusahaan. Langkah-langkah transformasi bisnis dimulai dengan melakukan analisis SWOT, yaitu memetakan kekuatan, kelemahan, tantangan dan peluang berdasarkan perubahan lingkungan bisnis. Selanjutnya, mereview visi, misi, strategi dan kebijakan, untuk melakukan reformulasi agar sejalan dengan tantangan perubahan. Dalam implementasinya, harus dievaluasi dan dikendalikan dari waktu ke waktu. Untuk menjamin keberhasilannya, transformasi bisnis perlu sebanyak mungkin melibatkan anggota organisasi dan memberikan pemahaman kepada seluruh pemangku kepentingan, melalui sosialisasi, internalisasi secara personal dan institusional, agar menjadi kebutuhan bersama jajaran perusahaan. Komitmen organisasi, kebersamaan, jiwa korsa, kepemimpinan yang memberi keteladanan, dan kelompok lintas struktur, sangat menentukan dalam dialektika perubahan. Agar transformasi memiliki arah yang jelas dan terukur harus ada target atau sasaran secara kualitatif dan kualitatif, serta skema waktu pencapaian.

Globalization, motivated by the development of transportation system and information technology, has made this world flatter. The implication is that business competition become tighter. The key success to maintain its competitiveness a corporation should be creative to improve the value of the company through new innovation, efficiency and effectiveness. To reach this goal, the corporate management should be improved to be equal to the best practice company, meaning the system and process of management of this corporation is equal to that of the best corporation in the some group of industries. Business transformation is one of the platform of change in enhancing competitiveness. As the instrument of change, transformation including corporation’s main and supporting activities as well as the elaboration of structure, strategy, system, competency, style of management, human resources and corporate’s value system must be comprehensively and substantially carried out. The steps of business transformation begin with SWOT analysis to map the strengths, weaknesses, opportunities and threats based on the change of business environment. Then the vision, mission, strategy and policy are reviewed to reformulate these items in order to be in line with the challange of change. In its implementation, all of these must be evaluated and controlled from time to time. To guarantee its success, business transformation needs to involve as many organization members as possible and to make all stakeholders understand through socialization, personal and institusional internalization that it becomes a need of all members of the company. Commitment of organization, team-work, corps spirit, model leadership and inter-structural groups are very determinative in dialectic change. To keep business transformation on the right track, there must be a target which is quantitatively and qualitatively measurable and time bound.

Kata Kunci : Transformasi Bisnis,PTP Nusantara IV


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.