Perancangan sistem metrik pengukuran kinerja rantai pasok dengan pendekatan model Scor versi 8.0 di PT Pertamina (Persero) Unit pemasaran II Palembang
MAHATMANTHO, Dian Priambodo K, Adi DJoko Guritno, Dr.,Ir.,MSIE
2007 | Tesis | Magister ManajemenPT Pertamina (Persero) Unit Pemasaran II yang berpusat di Palembang yang merupakan salah satu dari 8 unit pemasaran yang bertanggung jawab langsung ke Direktorat Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero) di Jakarta menyampaikan produk dan jasa kepada pelanggan dilaksanakan secara langsung atau direct delivery (DD) maupun tidak langsung atau undirect delivery (UD). Pengiriman produk pelumas dilakukan melalui Unit Pemasaran II Palembang sedangkan pemenuhan order dilakukan dengan system pengiriman langsung dari Supply Point Instalasi/Depot Kertapati dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas proses distribusi produk tersebut. Tantangan yang dihadapi oleh PT Pertamina (Persero) Unit Pemasaran II adalah meningkatkan service level yang ada sehingga dapat memuaskan konsumennya. Dalam hal ini, pencapain kinerja service level dan pemuhan order berada dibawah target yang telah ditetapkan. Upaya peningkatan service level ini dapat dilakukan dengan menganalisis setiap elemen proses distribusi pelumas dengan menggunakan metode Supply Chain Operation Reference 8.0 version. Setalah itu, dari tiap elemen yang ada dirancang suatu sistem metrik tertentu yang terintegrasi yang berperan sebagai indicator performansi (Key Performance Indicator) sehingga sistem metrik tersebut dapat membantu pihak manajemen dalam mencapai target service level yang ditetapkan.
PT Pertamina marketing unit two in Palembang which is one of eight marketing unit that directly responsible to PT Pertamina commercial and marketing directorate in Jakarta submit product to consumer either directly and also indirect. Delivery of lubricant product is done trough marketing unit two in Palembang while fill of order is done trough direct delivery system form supply point in Kertapati installation as a mean to increase effectiveness processing of product distribution. The challenge that faced by PT Pertamina marketing unit two is to incrase the service level so it can satisfy the customer.In this case, the attainment of service level performance and fill order under goals which have been determined. The effort to incrase service level can be done with analysing every lubricant product distribution process element by using supply chain opertaion reference 8.0 version. Then, from every element designed a definite decimal system which is integrated and role as an indicator performance so the decimal system can assist the management to reach the goals service level thai is determined.
Kata Kunci : Manajemen Produk,Supply Chain Management,Key Performance Indicator, SCOR Model Version 8.0, Distribution Process