Laporkan Masalah

Effects of communication direction on job performance and satisfaction

TAMPUBOLON, Viktor Montana, Djamaludin Ancok, Prof.Dr.,MA

2007 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh arah komunikasi (komunikasi lateral, komunikasi ke bawah dan komunikasi ke atas) terhadap kinerja dan kepuasan karyawan, bagaimana persepsi pegawai terhadap arah komunikasi, baik itu dari atasan kepada bawahan (komunikasi ke bawah), dari bawahan kepada atasan (komunikasi keatas) maupun antar rekan sekerja (komunikasi lateral) dengan adanya perbedaan dilihat dari jenis kelamin, umur, dan tingkat pendidikan pegawai. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan Perum Perhutani Unit II Jawa Timur Jl. Genteng Kali No. 49 Surabaya. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data, dengan 98 responden yaitu pegawai di lingkungan Kantor Unit Perum Perhutani Unit II Jawa Timur. Kuesioner penelitian mengukur arah komunikasi, kinerja dan kepuasan karyawan. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Berdasarkan analisis Regresi Linier Berganda, diketahui arah komunikasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Analisis juga menunjukkan bahwa arah komunikasi juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Besarnya persentase pengaruh variabel komunikasi ke atas,komunikasi ke bawah dan komunikasi lateral terhadap kinerja karyawan adalah sebesar 19,6%. Besarnya persentase pengaruh variabel komunikasi ke atas,komunikasi ke bawah dan komunikasi lateral terhadap tingkat kepuasan kerja karyawan adalah sebesar 15,3%. Variabel lain yang menjelaskan variasi perubahan tingkat kinerja karyawan secara menyeluruh adalah sebesar 80,4%. Sedangkan variabel lain yang menjelaskan variasi perubahan tingkat kepuasan karyawan secara menyeluruh adalah sebesar 84,7%.

This paper planned to examine communication direction (lateral communication, downward communication and upward communication) on job performance and satisfaction, how employees’ perception of communication direction, from lateral communication, downward communication and upward communication with the gender, age, and educational level differrence. The respondents of the research are the employees’ of Perum Perhutani Unit II Jawa Timur Jl. Genteng Kali No.49 Surabaya. Data collected using questionnaire to 98 respondents, employees of the main office of Perum Perhutani Unit II Jawa Timur. The Questionnaire used to measured communication direction, employees’ performance and satisfaction. The Multiple Regression Analysis is used to analyze this research. Using multiple regression analysis, this research found that communication direction variables significantly and positively effected on employees performance. The analysis also showed that communication direction significantly and positively effected on employees satisfaction. The value of variable of lateral communication, upward communication, and downward communication factor that simultanously affect the job performance are 19,6%. The value of variable of lateral communication, upward communication, and downward communication factor that simultanously affect employees satisfaction are 15,3% . The value of other variables that explained the overall of employees changing job performance variation are 80,4%. The value of other variables that explained the overall of employees changing satisfaction variation are 84,7%

Kata Kunci : Kinerja Karyawan,Kepuasan Kerja,Arah Komunikasi, Communication Direction, Job Performance, Job Satisfaction.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.