Laporkan Masalah

Pengaruh kesadaran lingkungan pada niat beli produk ramah lingkungan

RAHMAWATI, Syarifah, Basu Swastha Dharmmesta, Prof.Dr.,MBA

2007 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini mengamati pengaruh kesadaran lingkungan pada niat beli produk ramah lingkungan. Kesadaran lingkungan diukur dari tiga dimensi yaitu pengetahuan, sikap dan perilaku. Ketiga dimensi yang dikembangkan oleh Bohlen et al. (1993) ini dibagi dalam empat skala pengukuran yaitu skala pengetahuan lingkungan, skala sikap terhadap lingkungan, skala perilaku daur ulang dan skala aksi politik. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menguji apakah kesadaran lingkungan berpengaruh positif pada niat beli produk ramah lingkungan. Data dikumpulkan di Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Penelitian memakai sampel mahasiswa MM UGM kelas eksekutif, regular dan pra-MM kelas Yogyakarta. Peneliti menggunakan 75 data untuk menguji validitas konstruk dan reliabilitas dari instrument pada preliminary test. Peneliti menggunakan 275 data untuk menguji hipotesis-hipotesis. Peneliti menggunakan structural equation modeling (SEM) pada AMOS 6.0 untuk menguji hipotesis-hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah kesadaran lingkungan berpengaruh positif signifikan pada niat beli produk ramah lingkungan. Pengetahuan lingkungan mempengaruhi kesadaran lingkungan secara positif, sikap terhadap lingkungan mempengaruhi kesadaran lingkungan secara positif, perilaku daur ulang mempengaruhi kesadaran lingkungan secara positif dan aksi politik mempengaruhi kesadaran lingkungan.

This study observed influence of environmental consciousness towards the intention of purchasing environmentally friendly products. Environmental consciousness was measured according to three dimensions which are knowledge, attitude and behaviour. Three dimensions that is developed by Bohlen et al. (1993) was divided into four measuring scales which are environmental knowledge scale, environmental attitude scale, recycling behaviour scale and political action scale. The main purpose of this study was to test whether environmental consciousness positively influenced the intention of purchasing environmentally friendly products. Data was collected in Master of Management Gadjah Mada University, Yogyakarta. The samples of this study were MM UGM students from executive, regular and pre-MM Yogyakarta class. In the preliminary test, researcher occupied 75 data to test the construct validity and reliability of the instruments. Researcher used 275 data to test the hypotheses. In testing hypotheses, researcher utilized structural equation modeling (SEM) in AMOS 6.0. The results of this study were environmental consciousness positively influenced the intention of purchasing environmentally friendly products. Environmental knowledge positively influenced environmental consciousness, attitude towards the environment positively influenced environmental consciousness, recycling behaviour positively influenced environmental consciousness and political action positively influenced environmental consciousness

Kata Kunci : Manajemen Pemasaran, Niat Beli,Perilaku Konsumen, Kesadaran Lingkungan, environmental consciousness, intention of purchasing environmentally friendly product, knowledge, attitude and behaviour


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.