Laporkan Masalah

Analisis strategi pemasaran produk lintas iklan dengan menggunakan sistem Waralaba pada PT Data Lintas Media

PANGARIBUAN, Erick I.B, Djoko Susanto, Prof.Dr.,MSA

2007 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Data Lintas Media dalam mengembangkan usahanya. Tujuan utama program lintas iklan adalah adalah program yang dirancang khusus untuk mempertemukan pemasang iklan dan pencari iklan secara cepat, tepat, mudah, dan murah dari segi biaya dengan hanya menggunakan telepon selular sebagai media dalam berinteraksi. Saat in i banyak para pemasang iklan baik individu maupun perusahaan yang masih terpaku menggunakan media periklanan dalam memasarkan produk dan jasanya seperti televisi, radio, internet, dan surat kabar yang tentunya masih memiliki keterbatasan dalam hal menyampa ikan informasi ke target pasar yang dituju. Disamping itu juga, perkembangan teknologi selular yang pesat (khususnya teknologi SMS) yang bukan lagi hanya sebagai sarana komunikasi semata tetapi sudah menjadi sarana informasi dan bisnis, meningkatnya pengguna telepon selular dari waktu ke waktu, semakin murahnya harga pulsa telepon selular, dan tingginya tingkat penggunaan SMS. Studi ini menggunakan data primer yaitu wawancara dengan Direktur Utama dan Manajer Pemasaran PT. Data Lintas Media, sedangkan data sekunder diperoleh dari data internal PT. Data Lintas Media, media cetak, studi pustaka dan internet. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif yaitu analisis terhadap lingkungan intern dan ekstern PT. Data Lintas Media untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan dengan menggunakan sistem waralaba. Hasil analisis menunjukkan bahwa PT. Data Lintas Media memiliki kapabilitas sebagai media baru dalam berpromosi. Kapabilitas ini diperoleh dari penggabungan beberapa sumber daya yang dimiliki perusahaan dan ditunjang dengan adanya hak cipta dan paten dari merek dan sistem program lintas iklan. Kelemahan strategi pemasaran dengan sistem waralaba yang dikembangkan oleh PT. Data Lintas Media adalah belum terbuktinya kemampuan perusahaan dalam menjalankan bisnis dengan menggunakan sistem waralaba dan belum adanya divisi yang mengurusi secara khusus tentang kemitraan.

The purpose of this research is to analyze marketing strategy PT. Data Lintas Media in developing their business. Lintas Iklan program were designed to bridge advertiser and searcher of advertisement with only using cellular phone as media of interaction in quickly, precise, easy, and cheap. At this moment, many advertisers such as company and individual, still used advertize to market their product and service, using television, radio, internet, and mass media which still have limitation to communicate their information to the right target market. Beside that, growth of cellular technology (especially SMS technology) not only as communication tool but becoming information and business tools, the increasing of consumer cellular phone from time to time, cheapen price “pulsa” cellular phone, and soar mount usage of SMS. This study uses primary data, which are obtained from interview with President and Marketing Manager PT. Data Lintas Media, whereas secondary data are obtained from internal data PT Data Lintas Media, mass media, literatures, and internet. Qualitative analysis is used as analyze method to analyze intern and extern environment of PT. Data Lintas Media to know their marketing strategy using franchise system. The results of this research show that PT. Data Lintas Media has capability as a new advertize media. This capability has been gotten from integration company resources and be supported by brand and system patent of Lintas Iklan program’s. The weaknesses of marketing strategy using franchise system with be expanded by PT. Data Lintas Media are unproved the company ability to run this business using franchise system and didn’t have division to take care of partnership exclusively.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran,Produk Lintas Iklan,Sistem Waralaba, marketing strategy, lintas iklan, franchise, PT. Data Lintas Media


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.