Laporkan Masalah

Pengaruh kepuasan, kualitas produk, citra produk pada loyalitas dalam komunitas HOG Indonesia dan pengaruh dimensi ekuitas pada ekuitas merek motor Harley Davidson

ISKANDAR, Genesis, Basu Swastha Dharmmesta, Prof.Dr.,MBA

2007 | Tesis | Magister Manajemen

Komunitas merek adalah perwujudan dari loyalitas terhadap sebuah merek. Selain itu, komunitas merek juga mencerminkan kekuatan ekuitas merek yang dimiliki oleh sebuah merek. Penelitian kali ini, meneliti mengenai pengaruh kepuasan, kualitas produk, dan citra produk pada loyalitas merek dalam komunitas Harley Owners Group (HOG) Indonesia dan pengaruh 4 elemen yang menyusun ekuitas merek dalam komunitas HOG. Analisis dengan menggunakan uji regresi digunakan untuk menganalisis faktor-faktor pada loyalitas dan ekuitas merek. Hasil menunjukkan bahwa kepuasan, kualitas produk, dan citra produk mempengaruhi loyalitas merek dalam komunitas HOG Indonesia. Pada ekuitas merek, loyalitas ditemukan menjadi faktor yang paling berpengaruh disamping ketiga elemen lain penyusun ekuitas merek. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peran komunitas sangat penting dalam menjaga loyalitas konsumen dan juga membentuk ekuitas merek yang kuat.

Brand community is loyalty form to a brand. Beside that, brand community is also reflected the strong brand equity in a brand. This study was studying the influent satisfaction, product’s quality, and product’s image to brand loyalty in Indonesian Harley Owners Group (HOG) and the influent of 4 element that construct brand equity in HOG community. The analysis was used regression to the factors in loyalty and brand equity. The results shows that satisfaction, product’s quality, and product’s image influence to brand loyalty in Indonesian HOG. In brand equity, brand loyalty was found become most influent factor beside the three of another factors that construct brand equity. The conclusion from research’s result show that community role was very importance in kept consumer’s loyalty and also create a strong brand equity.

Kata Kunci : Loyalitas Merk,Komunitas Merk,HOG, Brand Community, Indonesian HOG, Brand Loyalty, Brand Equity


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.