Laporkan Masalah

Agency Cost pada mikrostruktur pasar :: Pendekatan rentang harga

ISMIYANTI, Fitri, Promotor Prof.Dr. Eduardus Tandelilin, MBA

2007 | Disertasi | S3 Ilmu Ekonomi Manajemen

Miller (1977) mengemukakan teori yang mendasari terbentuknya harga antara investor jual dan investor beli. Teori yang dikemukakan Miller melonggarkan asumsi ekpektasi homogenus dalam model keseimbangan. Miller (1977) berargumen bahwa adanya perbedaan pendapat antarinvestor, atau disebut dengan divergence of opinion menyebabkan tarik menarik pembentukan harga suatu sekuritas. Mekanisma tarik menarik tersebut menyebabkan harga yang terbentuk dapat menjauh atau mendekat dari nilai intrinsiknya. Semakin besar perbedaan pendapat maka semakin menjauh harga yang tercipta berbanding terhadap nilai intrinsiknya. Penelitian ini menggunakan argumen teori Miller (1977) bahwa tarik menarik antara investor jual dan investor beli terjadi karena perbedaan pendapat yang dalam penelitian ini difokuskan kepada perbedaan pendapat mengenai besaran konflik keagenan. Penelitian ini menguji suatu kondisi baru yang mencerminkan adanya konflik keagenan yaitu kondisi premium harga saham (stock price premium) dan diskon harga saham (stock price discount) serta dikaitkan dengan mekanisma pengendalian konflik keagenan melalui struktur kepemilikan, dan kaitan agency cost dengan kinerja. Kedua kondisi tersebut selanjutnya disebut sebagai rentang harga (price spread). Penelitian ini menguji delapan hipotesis yang saling berkaitan dalam kondisi premium harga saham dan diskon harga saham, yang berkaitan dengan agency cost, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional asing, dan kepemilikan institusional domestik. Metoda analisis menggunakan persamaan struktural (structural equation modelling) dengan model penuh, dan multigrup persamaan struktural dengan parameter terkendala dan parameter takterkendala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum arah hubungan sesuai hipotesis namun terdapat tiga hipotesis yang tidak signifikan. Perusahaan dengan konflik keagenan tinggi maka agency cost akan berdampak lebih negatif dibandingkan perusahaan dengan konflik keagenan yang rendah. Selain itu secara umum struktur kepemilikan mempunyai pengaruh negatif terhadap agency cost, serta pengaruhnya kurang negatif jika konflik keagenan perusahaan rendah.

Miller (1977) proposes a theory explaining the creation of price between selling investor and buying investor. The theory in which Miller proposes loosens the assumption of homogenous expectation in balance model. Miller (1977) argues that divergence of opinion among investors causes the price difference of the price of a security. The dispute mechanism causes the forming price to be further of closer to its intrinsic value. Greater the divergence of opinion, causes greater the gap between the price and its’ intrinsic value. This study utilizes Miller’s theory which states disputes between buying and selling investor are caused by divergence of opinion, which in this study is focused to the divergence of opinion the magnitude of agency cost. This study tests a new condition that reflects the existence of agency conflict, which is the conditions of stock price premium and stock price discount and related to agency cost control mechanism through ownership structure and the relationship between agency costs with performance. The two conditions then called as price spread. This study tests eight interrelated hypotheses in conditions of stock price premium and stock price discount that are related to agency cost, managerial ownership, foreign institutional ownership, and domestic institutional ownership. Analysis method employs complete structural equation model (SEM), and multigroup SEM with constrained and unconstrained parameters. Study results show that overall, hypotheses are supported, but three hypotheses are insignificant. In corporations with high agency conflict, agency costs have a greater negative effect than in corporations with low agency costs. In addition, overall, ownership structure has negative effects of agency costs and the effect weakens if corporation’s agency cost is low.

Kata Kunci : Konflik Keagenan,Agency Cost,Premium Harga Saham, stock price premium, stock price discount, agency cost, ownership structure, performance


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.