Laporkan Masalah

Fokus dan pemfokusan dalam kalimat Bahasa Indonesia

SUNARYO HS, Promotor Prof.Drs. M. Ramlan

2007 | Disertasi | S3 Linguistik

Pemfokusan dimaksudkan untuk menonjolkan informasi atau bagian informasi dalam rangka mencapai efek komunikasi yang efektif dan efisien. Pemfokusan dalam kalimat bl menggunakan piranti, konstruksi, sebaran dan karakteristik yang khas. Berdasarkan fungsi sintaktis konstituen yang memperolehnya, fokus dalam kalimat bl mencakup fokus (S), fokus (P), fokus (0), fokus (K), dan fokus (Mod). Sementara itu, berdasarkan status informasi konstituennya, fokus dalam kalimat bl mencakup fokus kompletif dan fokus kontras. Fokus kontras mencakup fokus paralel dan fokus kontra-presuposisional. Fokus kontra-presuposisional mencakup: (1) fokus penggantian, (2) fokus perluasan, (3) fokus pembatasan, dan ( 4) fokus pemilihan. , Berdasarkan piranti yang digunakan, piranti fokus dalam kalimat bl mencakup: (1) piranti pengedepanan, (2) piranti penambahan, (3) piranti repetisi, ( 4) piranti fokus kontras, (5) piranti fokus kompletif, (6) piranti fokus kontra-presuposisional, dan (7) piranti fokus imperatif. Piranti fokus pengedepanan digunakan untuk pemfokusan (P), pemfokusan (0), dan pemfokusan (K). Piranti fokus penambahan mencakup: (1) penambahan untuk pemfokusan (S), (2) penambahan untuk pemfokusan (P), dan (3) penambahan untuk pemfokusan (0). Piranti fokus repetisi mencakup: (1) repetisi untuk pemfokusan (P) dan (2) repetisi untuk pemfokusan (0). Piranti fokus kontras berupa ungkapan-ungkapan tetap, seperti: (1) sudah (telah) ... tetapi (belum) .. . , (2) meskipun ... , tapi ... , (3) walaupun ... namun ... , (4) ... sedangkan ... , (5)jangankan ... , ... saja ... , dan (6) .. . tapi ... . Piranti fokus kompletif dalam kalimat bl mencakup: (1) pemarkah tanya siapa (kah) dan -kah untuk pemfokusan (S), (2) pemarkah tanya kenapa/mengapa dan -kah untuk pemfokusan (P), (3) pemarkah tanya apa/apakah dan -kah untuk pemfokusan (0), (4) pemarkah tanya kapan, di mana, bagaimana, dari mana, dan ke mana, untuk pemfokusan (K), oan (5) pemarkah tanya -kah untuk pemfokusan modalitas. Piranti fokus kontrapresuposisional dalam kalimat bl meliputi: (1) piranti penggantian, (2) piranti perluasan, (3) piranti pembatasan, dan (4) piranti pemilihan. Piranti fokus imperatif dalam kalimat bl berupa: (1) piranti pelesapan (P)-(0)-(K) untuk pemfokusan (S), (2) kombinasi pemarkah silahkan dan pelesapan (S) untuk pemfokusan (P), (3) kombinasi pengedepanan dan pelesapan (S) dalam bentuk imperatif halus untuk pemfokusan (0), (4) piranti pengedepanan dalam bentuk imperatif tegas untuk pemfokusan (K), dan (5) piranti pelesapan (S) dalam bentuk larangan untuk pemfokusan (P). Berdasarkan basil penelitian ini, hierarkhi fokus dalam kalimat bl tidak dapat digeneralisasikan berdasarkan fungsi sintaktisnya. Artinya, hierarkhi fokus tidak dapat dipolakan berdasarkan urutan pemfokusan unsur fungsional kalimat tertentu. Konstituen mana yang lebih dahulu difokuskan tidak dapat dijelaskan. Yang dapat dipolakan hanya urutan hierarkhi bentuk-bentuk pemfokusan, yang dalam kalimat bl mencakup urutan: (1) permutasi-pengedepanan, (2) penambahan, (3) pengontrasan, dan (4) interogatifatau imperatif. Empat hierarkhi tersebut tidak selalu muncul sampai tahap keempat. Tahap pemfokusan sesuai dengan kebutuhan penutur dalam tindak komunikasi. Berdasarkan hierarkhi fokus bentuk deklaratif, interogatif, dan imperatif dapat dirumuskan urutan fokus dalam kalimat bl, yaitu: (1) pengedepanan, (2) penambahan, (3) pengontrasan, (4) transformasi interogatifatau imperatif. Karakteristik fokus dalam kalimat hi berhubungan dengan hierarkhi pemfokusan, yakni: ( 1) pengedepanan, (2) penambahan, (3) pengontrasan, ( 4) transformasi interogatif atau imperatif. Dalam peritiwa pemfokusan, lazimnyabpengedepanan muncul terlebih dulu. Yang biasa difokuskan dengan piranti pengedepanan adalah fungsi sintaktis (P), (0), dan (K). Fungsi (S) tidak pemah mendapat pemfokusan dengan piranti pengedepanan. Hal ini karena dalam kalimat dasar hi, (S) selalu berada awal kalimat. Apabila fungsi (S) tidak berada pada awal kalimat, ini menandakan kalimat telah mengalami pemfokusan. Piranti pengedepanan paling banyak digunakan dalam peristiwa pemfokusan kalimat hi. Penggunaan piranti pengedepanan dalam peritiwa pemfokusan mempunyai ciriciri: (1) digunakan untuk pemfokusan konstituen (P), (0), (K), dan (Mod); (2) untuk efisiensi penggunaan bahasa; (3) digunakan dengan prinsip kemudahan pengucapan (maximum easy articulations); ( 4) yang dipentingkan disebut terlebih dahulu; dan (5) tidak berlaku bagi pemfokusan (S) karena dalam kalimat dasar bi posisi (S) selalu pada awal kalimat. Urutan kedua setelah pengedepanan adalah penambahan. Piranti penambahan yang digunakan dalam kalimat hi berupa: (a) piranti takrif, (b) relator, (c) partikel pun, dan (d) modalitas. Penggunaan piranti penambahan dalam pemfokusan kalimat hi mempunyai ciriciri: (1) dikenakan pada unsur (S), (P), (0), (K); (2) berlakujuga pada modalitas; (3) piranti penambahan muncul karena pemfokusan dengan pengedepanan tidak mencukupi kebutuhan tindak komunikasi. Apabila kalimat hi mewadahi informasi yang kontras, biasanya diperlukan piranti fokus kontras berupa: (a) paralel, (b) pemilihan, (c) pembatasan, dan (d) perluasan. Piranti ini muncul pada kalimat majemuk yang informasinya kompleks. Pemfokusan dengan kontras mempunyai ciri-ciri: (1) informasi yang difokuskan kompleks; (2) ide kalimatnya kontras; (3) dikenakan pada fokus jamak; ( 4) biasanya terdapat pelesapan unsur fungsional kalimat; dan (5) piranti kontras dipergunakan karena penutur ingin efisien dalam menggunakan bahasa. Saran-saran yang dapat disampaikan terkait basil penelitian ini adalah sebagai berikut. Sebaiknya penutur hi dalam tindak komunikasi: (1) merencanakan dengan sadar informasi yang dipentingkan (difokuskan) dalam setiap tuturan; (2) menerapkan pola-pola konstruksi fokus bi secara ajeg sehingga tuturan menjadi sistematis; (3) pendengar perlu menyadari bahwa setiap tuturan yang disampaikan oleh pembicara lazimnya mengandung pemfokusan; ( 4) dalam fokus imperatif terdapat piranti fokus yang membedakan bentuk imperatif tegas dan imperatif halus. Fokus imperatif tegas dan imperatif halus mengimplikasikan bahwa dalam bentuk imperatif terdapat peringkat kehalusan tuturan. Peringkat kehalusan tuturan imperatif menggambarkan tingkat kesopanan bentuk perintah. Dalam menyampaikan bentuk perintah, penutur perlu mempertimbangkan tingkat kesopanan perintah yang diberikan, yang hal itu secara khusus banyak dibahas dalam ilmu pragmatik. Sebaiknya penelitian sejenis perlu dilakukan, terutama pemfokusan dalam kalimat hi yang menggunakan piranti intonasi. Penelitian selanjutnya, sebaiknya juga menggunakan data percakapan telepon sebagai data penelitiannya. Dengan kelengkapan data seperti itu diharapkan hasil penelitian pemfokusan dalam kalimat bi menjadi lebih sahib.

Focus is directed to emphasize information or part of information in order to achieve effective and efficient communication. Focusing sentences in Bahasa Indonesia (Bl) possesses its own unique types, tools, construction, coverage, and characteristics. According to its functional syntactic constituents, the types of focus in bl sentences include: focus (S), focus (P), focus (0), focus (K), and focus (Mod). On the other hand, according to its informational constituents, focus in bl sentences include: completive focus and contrast-ing focus. Contrasting focus include: parallel focus and contra-presuppositional focus that includes (1) replacement focus, (2) expansion focus, (3) limiting focus, (4) selection focus. The tools of focus in BI sentences include: (1) forwarding tools, (2) addition tools, (3) repetition tools, (4) contrasting focus tools, (5) completive focus tools, (6) contra-pre suppositional focus tools, and (7) directive focus tools. The construction of focus in BI sentences is grouped into (1) single focus construction, (2) double focus construction, and (3) plural focus construction. Single focus construction is when there is only one type of focus in a sentence. Double focus construction is when there are two types of focus in a sentence. Plural focus construction is when there are three or more types of focus in a sentence. The hierarchy of focus in BI sentences cannot be generalized according to the functional constituents of the sentence, which means that the hierarchy cannot be mapped according to the order of constituents in a sentence. Functional syntax that includes (S), (P), (0), (Pel), or (K) that are already focused cannot be explained. The only one that can be mapped is the hierarchy of focus in this order: (1) permutation-forwarding, (2) addition, (3) contrast, and (4) interrogative or directive focus. These four hierarchies do not always appear in its entirety. Focus is usually adapted to the need of the communicator. According to the hierarchy; the declarative, interrogative, and directive focus can be formulated (in the hierarchy of focus) as: (1) forwarding, (2) addition, (3) contrast, and (4) interrogative or directive transformation. The characteristic of focus in BI sentences that are related to the hierarchy of focus are (1) forwarding, (2) addition, (3) contrast, (4) interrogative or directive transformation. In the process of focus in general, forwarding always comes first. The functional constituents in the sentence that are usually focused with forwarding tools are (P), (0), and (K). Forwarding tools often appear at the beginning of focus. Forwarding tools possess these characteristics: (1) they are used on (P), (0), (K) or (M) constituents, (2) they are used for the efficiency of language, (3) they are used to achieve maximum easy articulations, ( 4) they mention the important elements first, and (5) they are not used on (S) because in a normal sentence ofBI, (S) usually appears at the beginning of the sentence. The second in line is addition. Addition tools take the form of (1) definiter (2) relaters, (3) particles: -lah, pun, and (d) modality. The use of addition tools in focus possesses these characteristics: (1) they are used on the constituents (S), (P), (0), (K), (2) they also apply to modality, (3) they usually appear when focus with forwarding is not sufficient to fulfill the communication needs. When the sentence has contrasting information, there is usually a need for contrasting tools such as (1) parallelism, (2) selection, (3) limitation, and (4) expansion. Such tools often appear in sentences that contain complex information. The use of contrasting tools possesses these characteristics: (1) the focus information is usually complex, (2) the ideas in the sentence are contrasting, (3) they are usually used on plural focus, (4) some functional constituents in the sentence are usually absorbed, and (5) they are used for the efficiency of language. Interrogative and directive focuses are also called transformative focus, which is a type of focus that causes a change in the shape/type of the sentence. The transformation from declarative to interrogative usually uses the words: kenapa/mengapa, kapan, dimana, apa, siapa, and questioning intonation. On the other hand, the transformation from declarative to directive usually uses directive words: silahkan, -kan, -lah, directive intonation, and is often followed by absorption. Interrogative and directive focuses possess characteristics: (1) they are transformative focus: i.e. they cause a change in the shape/type of sentence, (2) they are also used on the functional constituents of the sentence: (S), (P), (0), (K) and modality. The discussion and suggestion made by this research are especially relevant to the users of BI (especially the printed/electronic journalists, regional leaders, officials) who, in the process of communication, should (1) plan consciously the type of information that will be communicated, (2) arrange important information that will be the focus of the communication, (3) apply the method of constructing focus in the sentence so as to achieve systematic communication; ( 4) as to the listener, it should be emphasized that communication generally contains focus, (5) directive focus contains tools that differentiate a firm from a soft directive - which implies that there are several levels of firmness in communication. A soft directive implies the different levels of courtesy even in directive sentence. In giving order therefore, the communicator needs to consider the level of courtesy that is acceptable. This is often specifically discussed in the field of pragmatic study. The discussion and suggestion made by this research to fellow researchers/ academics in BI is to emphasize the need of more research in the area of focus, especially focus in BI that uses the tool of intonation. Further research can for example uses data from telephone conversation. With the availability of such data, research on focus in BI sentences will be better equipped and improved.

Kata Kunci : Kalimat Bahasa Indonesia,Fokus dan Pemfokusan, focus, tools, construction, distribution and hierarchy of focus


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.