Evaluasi perangkat lunak menggunakan model ISO 9126 :: Study kasus Sistem Informasi Manajemen Tata Usaha Pelanggan (SIMTUL)
BINTORO, Sri, Ir. Wahyuni R., M.Sc
2007 | Tesis | S2 Teknik Elektro (Magister Sistem Energi ElektrikDalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan, PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan DIY membutuhkan program aplikasi yang mendukung pelayanan pelanggan. PT. PLN telah merekomendasikan beberapa program aplikasi pelayanan pelanggan. Salah satu program aplikasi yang hendak diimplementasikan adalah Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Pelanggan (SIMTUL). PT PLN telah mengadakan evaluasi terhadap SIMTUL namun hasilnya tidak berupa nilai-nilai kuantitatif yang bisa diperbandingkan. Jadi seandainya dilakukan penilaian yang sama terhadap aplikasi sejenis maka kita akan sulit membandingkan kualitas aplikasi tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut, terdapat beberapa pertanyaan yang menarik: bagaimana cara mengevaluasi perangkat lunak agar menghasilkan nilai- nilai yang bisa diperbandingkan dan model kualitas apa yang cocok untuk mengevaluasi produk perangkat lunak tersebut. Pada tesis ini penulis mencoba menggunakan model kualitas ISO 9126 untuk mengevaluasi kualitas produk SIMTUL dengan tujuan mengukur kualitas produk SIMTUL dengan menggunakan external metric ISO 9126 pada karakteristik functionality dan usability. Sasarannya adalah menilai kelayakan implementasi SIMTUL untuk pelayanan pelanggan.
In order to satisfy the customer, PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Tengah dan DIY needs aplication program supporting customer service. PT. PLN has recommended some customer service aplication program. One of the aplication program which will be implemented is Sistem Informasi Manejemen Pelayanan Pelanggan (SIMTUL). PT. PLN has evaluated SIMTUL but the result is not presented in a quantitative value preventing PLN to make comparison. Related to the mentioned above is an interesting question: how to evaluate software quantitively enabling evaluator to judge appropiate quality model to evaluate the software product. In this research, author tried to use ISO 9126 quality model especialy external metrics modul based on functionality and usabilitiy characteristic to evaluate produk quality of SIMTUL. The aim is to assess the implementation appropiateness of SIMTUL for customer service
Kata Kunci : PLN,SIMTUL,ISO 9126, customer service, quality model, software product, ISO 9126, external metric, functionality characteristic, usability characteristic