Laporkan Masalah

Karakter papan reklame pada berbagai macam segmen (A,B,C,D) di kawasan komersial Laksda Adi Sucipto Km.4,5-Km.7

ERZA, Agustina Fitriani, Ir. Ikaputra, M.Eng.,Ph.D

2007 | Tesis | S2 Teknik Arsitektur (Desain Kawasan Binaan)

Jalan Laksda Adi Sucipto merupakan koridor atau pintu masuk dari kawasan bagian Timur menuju Yogyakarta atau sebaliknya. Dengan perkembangan zaman, kawasan Jalan Laksda Adi Sucipto Km 4,5 – Km 7, berkembang pesat menjadi area komersial. Tumbuhnya banyak pusat komersial, membuat kawasan ini semakin padat akan berbagai aktifitas, dan menyebabkan meningkatnya intensitas pengguna ruang jalan. Papan reklame merupakan salah satu sumber PAD (Pendapatan Aggaran Daerah) kota Yogyakarta dan Sleman, namun karena lemahnya kontrol dari Pemda maka banyak papan reklame yang menjamur. Desain signage yang baik dapat memperkuat karakter kawasan, memperindah tampilan jalan, dan mengkomunikasikan informasi sebagai pelayanan publik, tetapi tidak demikian yang terjadi pada kawasan ini. Pemasangan papan reklame yang sporadis di lokasi strategis terutama di Jalan Laksda Adi Sucipto Km 4,5 – Km 7, terkesan asal pasang dengan tidak memperhatikan nilai estetis sebuah penataan ruang. Selain itu, jika dilihat dari tata guna bangunan, terdapat fungsi bangunan pemukiman, pendidikan, dan perkantoran, yang memasang iklan komersial di lahan miliknya. Hal ini disebabkan karena fungsi-fungsi bangunan ini mendapatkan keuntungan tersendiri dari iklan yang dipasang dan juga dari komersial retail yang ada di sekitarnya. Berdasarkan hal-hal tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai karakter papan reklame pada berbagai macam segmen (A, B, C, dan D) yang terdapat di kawasan komersial Laksda Adi Sucipto Km 4,5 – Km 7 dan faktorfaktor apa yang mempengaruhi terjadinya karakter tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi desain untuk pemasangan papan reklame yang sesuai dengan karakter fungsi kawasan komersial Laksda Adi Sucipto Km 4,5 - Km 7. Hasil temuan dari penelitian ini diharapkan dapat berguna sebagai arahan penentuan kebijakan maupun sebagai antisipasi kondisi dan konflik yang ada saat ini.

Jalan Laksda Adi Sucipto is a corridor or city entrance into eastern area of Yogyakarta or vice versa. Given time progress, area of Jalan Laksda Adi Sucipto Km 4.5 – Km 7 transforms rapidly into a commercial area. Commercial center growth makes this area density with various activities, and causes increase in intensity of street land-use. Billboard is one source of Local Budget Income (PAD) for Yogyakarta and Sleman cities; however, because of weak control of the Local Government, many billboards widely increase. A good signage design can strengthen the area characters, make street beauty, and more function as information media for public, however the corridor has not performed those objectives key well. Many billboards lied in strategic locations, especially in Jalan Laksda Adi Sucipto Km 4.5 – Km 7, are established randomly by ignoring esthetic value of space arrangement. In addition, if seen from building-use arrangement, there are functions of residential, educational, and office buildings with commercial advertisements in their own places. It is caused by the own profitable building functions of established billboards and local commercial retails. Based on the cases, billboard characters are researched in various segmental types (A, B, C, and D) located in the local commercial area in Jalan Laksda Adi Sucipto Km 4.5 – Km 7 and what are factors affecting creation of the characters. This research goal is to recommend design of billboard establishment according to functional characters of commercial area in Jalan Laksda Adi Sucipto Km 4.5 – Km 7. Findings of this research are expected to be useful for direction of policymaking and anticipation of current conditions and conflicts.

Kata Kunci : Ruang Kota,Kawasan Komersial,Papan Reklame,billboard characters, signage, land-use arrangement


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.