Laporkan Masalah

Disneyzation of non American stories in Disney films :: a Study on popular culture

SETIAWATI, Beta, Dr. Ida Rochani AdiU

2007 | Tesis | S2 Pengkajian Amerika

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik film-film animasi Disney yang diadaptasi dari cerita-cerita yang tidak berasal dari Amerika yang telah menjadi produksi budaya populer Amerika. Penelitian yang bersifat kualitatif dan studi pustaka ini berada dalam wilayah Pengkajian Amerika. Peneliti menggunakan film-film animasi Disney sebagai data primer untuk mengidentifikasi masyarakat dan budaya Amerika. Peneliti juga membandingkan antara cerita dalam film-film animasi Disney dan cerita-cerita aslinya untuk menemukan perubahan alur cerita yang dibuat oleh Disney sehingga film-film adaptasi tersebut menjadi produk populer Amerika. Peneliti juga menggunakan sumbersumber data yang lain seperti buku, majalah, jurnal, artikel, dan data internet sebagai data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan cerita rakyat yang digunakan Disney dalam film-filmnya diadaptasi dari cerita negara lain. Namun, Disney dengan sengaja mengadaptasi cerita-cerita versi yang asli untuk menjadi cerita dalam film animasinya dengan menggunakan formula Disney untuk meningkatkan penjualan produksi produksinya. Sebagai salah satu kelompok media yang terkuat di dunia, Perusahaan Disney bekerja terus menerus untuk memamerkan produksi hiburannya pada dunia. Formula Disney yang telah mendominasi film-film adaptasinya hanya bertujuan untuk memperoleh keuntungan usaha yang sebesar-besarnya tanpa memperhatikan nilainilai dalam hiburan anak-anak.

The study is intended to know the Disney’s animation films characteristics which are adapted from non American stories that contain Americanization in order to be American popular culture products. This qualitative and library research is carried out within the field of American Studies. Disney’s animated films which are regarded as artifacts in order to identify American society and culture is used as her primary data. She then compares those Disney films with the original stories to discover the changes in making those stories become American popular products. She furthermore uses the sources such as books, magazines, journals, articles, and also internet data for her secondary data. The result of this study shows that most of folk narratives which were used in Disney films were adapted from other countries’ stories. However, Disney intentionally adapts foreign countries’ stories in its animated films by using Disney formula to blow up the sale of its products. Since Disney is one of the most powerful media conglomerates in the world, it works endlessly to set out world entertainment. Disney formula in its animated films which has dominated those adapted films are only intended to obtain as much profit as possible without paying attention to the values in children entertainment.

Kata Kunci : Film Animasi Amerika Serikat,Cerita Non Amerika,Disneyfikasi, Disneyzation, Non American Stories, Animation, Popular Culture, Formula


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.