Laporkan Masalah

Pengaruh pelatihan terhadap pengetahuan dan sikap petugas kesehatan Puskesmas dalam pemanfaatan Paracheck PF di Kabupaten Sleman

BANGUN, Armansyah Surya, Dra. Yayi Suryo Prabandari, M.Si.,PhD

2007 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (Perilaku dan Promosi

Latar Belakang : Kasus malaria di Indonesia menyebabkan 38.000 kematian setiap tahunnya (Survei Kesehatan Rumah Tangga 2001). Diperkirakan 35% penduduk Indonesia tinggal di daerah yang berisiko tertular malaria. Dari 293 kabupaten/kota yang ada di Indonesia, 167 kabupaten/kota merupakan wilayah endemis malaria. Mengingat penyakit malaria dapat menimbulkan kesakitan dan kematian dalam waktu relatif singkat, maka hal yang perlu dilakukan adalah pencegahan dan pengobatan penyakit. Diagnosis penyakit malaria sering mendapat hambatan, karena harus menunggu pemeriksaan laboratorium, padahal tidak di setiap daerah, terutama pedesaan, tersedia sarana laboratorium Tujuan : Untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap petugas kesehatan puskesmas dalam penemuan dan pengendalian malaria serta pemanfaatan Paracheck Pf di Kabupaten Asahan. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental dengan rancangan non randomized control group pretest-posttest design dengan metode kuantitatif, yaitu mengelompokkan anggota sampel ke dalam 2 kelompok perlakuan yang berbeda. Jenis kuasi eksperimen, karena tidak memungkinkan untuk mengontrol semua hal yang berpengaruh. Hasil Penelitian : Ada pengaruh pelatihan menggunakan modul disertai demonstrasi (intervensi 1) dan ceramah menggunakan booklet (intervensi 2) terhadap pengetahuan, sikap dan pemanfaatan Paracheck Pf dalam sistem penemuan dan pengendalian malaria. Pada kelompok intervensi 1 terjadi peningkatan rerata pengetahuan 8,43 dan rerata sikap 23,50, pada kelompok intervensi 2 terjadi peningkatan rerata pengetahuan 8,90 dan rerata sikap 23,40. Pada intervensi 1 terjadi peningkatan pemanfaatan Paracheck Pf nilai z =-3,730, sedangkan pada intervensi 2 terjadi peningkatan Paracheck Pf nilai z= - 3,297. Kesimpulan : Metode pelatihan menggunakan modul dan demonstrasi serta ceramah menggunakan booklet dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap petugas kesehatan puskesmas, tetapi perbedaan peningkatan kedua metode tersebut tidak signifikan (p > 0,05). Peningkatan pemanfaatan Paracheck Pf pada metode modul dan demonstrasi lebih besar dibandingkan dengan metode ceramah menggunakan booklet dan perbedaan kedua kelompok signifikan (p < 0,05).

Background: Malaria cases in Indonesia caused 38,000 deaths a year (Household Health Survey 2001). It is estimated that 35% of Indonesian population live in malaria infected risk areas. Out of 293 districts/municipalities in Indonesia 167 are malaria endemic areas. Objective: To improve knowledge and attitude of health staff at health centers in the identification and control of malaria and utilization of Paracheck Pf at the District of Asahan, through training of health staff at health centers. Method: The study was a quasi experiment with non randomized control group pretest-posttest design using quantitative method, that was by grouping the sample member into two different treatment groups. The reason of choosing this type of study is because it is impossible to control all the influenced factors. Result: There was an effect of training using module and demonstration (intervention 1) and lecture using booklet (intervention 2) to knowledge, attitude, and utilization of Paracheck Pf in the identification and control system of malaria. In the group of intervention 1 there was anincreasing of knowledge (8.43) and attitude (23,50). In the group of intervention 2 there was an increasing of knowledge (8,90%) and attitude (23,40). In the group of intervention 1 the increase of Paracheck Pf utilization was z=-3,730 whereas in intervention 2 the increase was z=-3,297. Conclusion: Training method using module and demonstration and lecture using booklet could improve knowledge and attitude of health staff at the health center; however the difference was not insignificant (p>0,05). In the utilization of Paracheck Pf the increase in module and demonstration methods was higher than lecture method using booklet, and the difference in both groups was significant (p<0,05).

Kata Kunci : Promosi Kesehatan,Sikap dan Pengetahuan Petugas,Pelatihan, malaria, knowledge, attitude, Paracheck Pf


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.