Kinerja Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga menurut model Balanced Scorecard
RIHARTONO, Siantari, Dr. Samodra Wibawa, M.Sc
2007 | Tesis | S2 Administrasi NegaraTranformasi IAIN Sunan Kalijaga menjadi UIN Sunan Kalijaga diharapkan dapat menjembatani dikotomi antara ilmu -ilmu yang diklaim sebagai ilmu agama dan ilmu - ilmu modern dan skuler. Kesadaran tentang pentingnya pencerahan di lingkukan IAIN bermula dari beberapa individu yan g berupaya untuk melanjutkan studi dinegara -negara Barat pada era 70-an dan 80-an. Transformasi tersebut berakibat pada perubahan dibidang Akademik, maupun kelembagaan, dibidang Akademik setelah menjadi UIN telah melakukan pembaharuan dengan membangun fon dasi keilmuan yang mantap dalam paradigma “Integrasi dan Interkoneksitas †. Paradigma ini akan menjadi karakteristik bagi studi ilmu-ilmu yang akan dikembangkan di Lingkungan UIN Sunan Kalijaga. Sementara dibidang kelembagaan juga telah dilakukan upaya -upaya pengembangaan sarana prasarana fisik/infrastruktur, pelayanan, pendanaan, pembenahan kondisi internal, maupun inovasi pembelajaran . Ketika perubahan terjadi, pihak pengelola Universitaas secara keseluruhan baik perubahan dibidang akademik maupun kel embagaan nampaknya masih gamang dalam memulainya, sehingga banyak kegiatan yang dilakukan masih menggunakan tambal sulam dan perpaduan dari program yang sudah ada semasa masih menjadi IAIN dengan perubahan-perubahan yang masih relatif sedikit setelah men jadiUIN. Adanya perubahan tersebut membawa masalah yang besar dan kesulitan bagi pengelolaan UIN Sunan kalijaga, terutama dampak pelaksanaan penanganan keuangan, pelayanan, Internal, dan Inovasi pembelajaran yang berimbas dari kinerja para pengelola Universitas yang belum baik dan upaya -upaya pengelolaan anggaran yang masih terbentur dengan minimnya anggaran yang ada di UIN Sunan kalijaga. Dengan meminjam Model Balanced Scorecard dari Gazpersz Vincent, tesis ini telah berhasil menemukan hasil yang menggambarkan persoalan-persoalan yang menyangkut permasalahan yang ada di UIN Sunan kalijaga Dalam mengukur Kinerja UIN Sunan kalijaga , yaitu sampai pada kesimpulan, bahwa (1). Kegiatan yang dilaksanakan oleh para pengelola Universitas masih sangat dipen garuhi oleh anggaran. (2). Dalam pelayanan kegiatan mahasiswa masih sangat rendah kualitasnya , (3). Inovasi pembelajaran masih belum banyak yang dilakukan dengan menggunakan inovasi -invasi yang baru , dan (4). Kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan dari pe ngelola Universitas masih rendah. Dari kesimpulan tersebut secara garis besar dapat dikatakan bahwa rendahnya kinerja yang terjadi di UIN Sunan kalijaga dalam menjalankan Kegiatan – kegiatannya berdasarkan kebijakan yang ada dalam mewujudkan Visi dan Misiny a, disebabkan masih rendahnya perspeketif Finansial, Perspektif Internal, Perspektif Pelanggan, maupun perspektif Inovasi pembelajaran, namun yang paling mempengaruhi adalah pada perspektif finansial, yaitu terbatasnya dana yang ada di UIN Sunan Kalijaga. Sementara pada bentuk pengelolaan Anggaran Di UIN Sunan kalijaga masih sebatas anggaran yang diterima dari APBN dan Mahasiswa untuk mendanai kegiatan yang ada dan belum menciptakan solusi pencarian tambahan dana. Sebagai jalan keluarnya, tesis ini meng usulkan, perlunya penambahan dana melalui Badan Layanan Umum, untuk mendukung kegiatan dalam rangka pencapaian Visi dan Misi UIN Sunan Kalijaga.
The transformation IAIN Sunan Kalijaga becomes UIN Sunan Kalijaga is expected able to link dichotomy between sciences claimed as modern sciences and theology and secular. Awareness about the importance of clarification in IAIN area begins from some individuals coping for continuing study Western countries in 70 and 80. The transformation cause s at change is Academic sector, and also institution, Academic sector after becoming UIN has done renewal by building foundation of settled science in paradigm "Integration and Interconnected". This paradigm will become characteristic for sciences study which will be developed in UIN Sunan Kalijaga area. Whereas area institution have also been done efforts developing of supporting facilities for infrastructure physic/infrastructure, service, financing, correction of internal condition, and also innovation o f study. When change happened, the side of organizer University as a whole either change is academic sector and also institutional likely acrophobia still in starting it, so that many activities done that there are still apply is patchwork and solidarity f rom program which there are during the still becoming IAIN with changes which still be relative a few after becoming UIN. Existence of the change brings big problem and difficulty for management of UIN Sunan kalijaga, especially execution impact of handlin g of finance, service, Internal, and Innovation study inducing from performance of the organizers University which has not is good and management efforts of budget which still be collided with the minim budget in UIN Sunan Kalijaga. By borrowing Model Balanced Scorecard from Gazpersz Vincent, this thesis has been successfully finds result depicting problems concerning the problems in UIN Sunan kalijaga in measures performance UIN Sunan kalijaga, which is coming up with conclusion, that (1). Activity execute d by the University organizers still hardly influenced by budget. (2). In service of students' activity still very low of its quality, (3). Innovation of Study still a lot have not been done by using innovations which is new, and (4). Satisfaction of student to serviced from University organizer still low. From the conclusion marginally can be told that the low of money performance happened in UIN Sunan kalijaga in implementing its activity based on the policy in realizing perspective and its mission, caused that there are still the low of Financial perspective, Perspective Internal, In perspective of client, and also in perspective of Innovation study, but which very influences is at financial in perspective, that is the limited the fund in UIN Sunan Kalijaga. While at form of management of calculation in UIN Sunan kalijaga still limited to budget received from APBN and student the activity fund to and has not created solution of seeking of addition of fund. As the way out, this thesis proposes, the importan ce of addition of fund through Badan Layanan Umum, to support activity for the agenda of attainment of Perspective and Mission of UIN Sunan Kalijaga.
Kata Kunci : Kinerja Universitas,Balanced Scorecard,