Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pengendara sepeda motor menyiap kendaraan melalui sebelah kiri dan risiko kecelakaan berkendara pada jalan Kaliurang dan Jalan Gejayan di yogyakarta
PURWOKO, Adri, Dr. Sugiyanto
2007 | Tesis | Magister Sistem dan Teknik TransportasiJumlah kecelakaan lalulintas yang terjadi di wilayah Kabupaten Sleman pada tahun 2005 adalah berjumlah 125 kecelakaan lalulintas dan menurut jenis kendaraan yang terlibat berjumlah 372 kendaraan, yang terbesar adalah kecelakaan yang melibatkan sepeda motor yaitu berjumlah 145 kendaraan. Ada empat faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas yaitu manusia, jalan, kendaraan dan cuaca . Manusia merupakan penyebab utama t erjadinya kecelakaan lalulintas, terutama bagi pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor dimana hal ini terkait dengan perilaku dalam mengendarai kendaraanya di jalan. Per ilaku pengemudi atau pengendara yang tidak disiplin dapat menyebabkan terjadinya pelanggaran lalulintas yang kemudian dapat mengakibatkan kecelakaan. Perilaku pengendara sepeda motor yang menyiap kendaraan di depan dari kiri merupakan termasuk perilaku pen gendara yang tidak disiplin dan dapat mengakibatkan kecelakaan, pada tahun 2006 dari 742 kasus kecelakaan terdapat 12 kasus yang disebabkan karena menyiap kendaraan di depannya dari kiri. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku peng endara sepeda motor menyiap kendaraan dari kiri maka dilakukan pengamatan di jalan dengan menggunakan kamera dan visual serta pemberian kuesioner kepada responden yang merupakan pengendara sepeda motor. Pengamatan secara visual dilapangan untuk mengetahui faktor-faktor eksternal yang dapat mempengaruhi perilaku menyiap dari kiri sedangkan faktor -faktor internal diketahui dengan melalui kuesioner yang dilakukan pada saat survai pendahuluan yang kemudian dilanjutkan dengan survai primer dengan memberikan kues ioner kepada pengendara sepeda motor di Jalan Kaliurang sebanyak 200 orang dan Jalan Gejayan 150 orang. Pemberian kuesioner dilakukan dengan metode accidental sampling yaitu pemberian kuesioner secara spontan kepada responden yang sesuai dengan karakterist ik yang diinginkan oleh peneliti di pelataran parkir pertokoan dan di stasiun pengisian bahan bakar. Hasil dari pengisian kuesioner kemudian dianalisis secara statistik menggunakan regresi ganda dengan menggunakan metode enter dan stepwise untuk meng etahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku tersebut, dari hasil analisis regresi ganda faktor -faktor yang mempengaruhi secara signifikan perilaku tersebut di Jalan Kaliurang adalah waktu , kondisi lalulintas dari arah berlawanan, dan lebar jalan, sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku tersebut di Jalan Gejayan yaitu lebar jalan, waktu , dan kepercayaan diri pengendara sepeda. Sedangkan jenis kelamin dan kelas sepeda motor tidak memiliki hubungan sebagai penyebab perilaku menyiap kendaraan dar i kiri dan perilaku menyiap kendaraan dari kiri berisiko terhadap keselamatan berlalulintas.
Number of traffic accident in Sleman Resident at 2005 were 125 case of traffic accident and according to kind of motor vehicle that involved in traffic accident were 372 motor vehicles, the motorcycles had a lot of number that involved in traffic accident and they were 142 motorcycles. Its have four factors caused traffic accident and they are human, motor vehicle, road and weather, human is the one and the most of four factors that caused traffic accident, mostly it cause by behavior o f human as driver or rider when drive or ride the motor vehicle in the road. One of them was behavior of rider of motorcycle that overtaking lead the other motor vehicle form left side, particularly in the mix traffic. That behavior is one of undicipline behavior and it can be dangerous for rider or the other user of the road. According to data from police station at 2006, number of 742 cased traffic accident, 12 caused by overtaking lead the other motor vehicle from the left. These research were looking for the caused of factors of the behavior of motorcycle rider overtaking lead the other motor vehicle from left side and to got those data, these research used two methode to collected it and its were observation on the field with camera and questionaire. The observation on the field we use d camera and human visual to got the external factors and the number of motorcycle that overtooking lead other motor vehicle from the left side, the other side how to know the internal factors that cause it, we used t he questionaire, after we collect ed the factors of that behavior, we begin to collect prime data with questionaire, and we took the number of sample of Jalan Kaliurang are 200 sample a nd 150 sample at Jalan Gejayan and we used the accidental sampling technique. Then we used the statistic to analyzed that factors, we used multiple regression with the stepwise methode to analyze d it. The result were the factors that cause that behavior in Jalan Kaliurang are traffic condition from the opposite direction (right side), widht road and time. And for Jalan Gejayan are widht road, time, and self confidence of the rider. Meanwhile, gender, age and type of motorcycle have not influence on that behavior and these behavior was not dicipline behavior and danger because it could caused the traffic accident.
Kata Kunci : Kecelakaan Lalulintas,Perilaku Pengendara, influencing factors, overtaking lead from left side behavior, traffic accident risk, multiple regression statistic analyze with enter and stepwise methode