Laporkan Masalah

Strategi pemasaran benih ikan BBI Cangkringan

WATYANDARI, Titiek, Prof.Dr.Ir. Dwidjono Hadi Darwanto, MS

2007 | Tesis | Magister Manajemen Agribisnis

Benih ikan merupakan salah satu faktor produksi yang berperan penting dalam kegiatan pembudidaya ikan, terutama dalam hal kualitas benih ikan yang nantinya akan berpengaruh terhadap pendapatan para pembudidaya ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman ; dan merumuskan strategi pemasaran yang meliputi segmentasi pasar, target pasar, penentuan posisi dan bauran pemasaran sudah sesuai dengan keadaan dan perekonomian pada saat sekarang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh BBI Cangkringan dengan mengolah data primer dan sekunder serta strategi pemasaran yang telah digunakan oleh BBI Cangkringan tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh BBI Cangkringan masih relevan dengan kondisi pasar dan posisi BBI Cangkringan terletak pada kuadran I (0,62 ; 0,24) yaitu mendukung kebijakan pertumbuhan agresif. Ada beberapa hal yang perlu dilaksanakan agar strategi pemasaran benih ikan lebih optimal, antara lain peningkatan kualitas benih, menambah jumlah induk unggul, meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan produktifitas kolam, meningkatkan pelayanan distribusi, promosi produk, meningkatkan penetrasi pasar, meningkatkan positioning dan meningkatkan konsumsi ikan.

Fish seed represent one of factor production which playing important role in activity of fish farmer, especially in the case of quality of fish seed which later will have an effect on to earnings of all fish farmer. This research aim to identify and analyse the factors becoming strengths, weaknesses, opportunities, and threats; and marketing strategy covering market segmentation, market goals, determination of position and hotchpotch of product marketing of seed of fish in BBIC which have been used at the moment. Analysis used in this research is analysis SWOT to know the strengths, weaknesses, opportunities, and threats faced by BBIC by datas process of primary and secundery and also marketing strategy which have been used by the BBI Cangkringan. Result of analysis indicate that the marketing strategy used by BBI Cangkringan still be relevant with the condition of market and position BBI Cangkringan lay in kuadran I (0,62 ; 0,24) that is support the aggresive growth policy. There are some matter which require to be executed by strategy of marketing of fish seed more optimal, for example make-up of seed quality, adding pre-eminent mains amount, improving quality SDM, improving pool productivity, improving distribution servicess, product promotions, improving market penetrations, improving positionings and improve the fish consumptions.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran,Benih Ikan,Opportunities, Threats, Strengths, Weaknesses in BBI Cangkringan


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.