Laporkan Masalah

Strategi bisnis keunggulan bersaing pinjaman Kupedes pada BRI Kanca Wonogiri

SOEBIJANTORO, Prof.Dr.Ir. Masyhuri

2007 | Tesis | Magister Manajemen Agribisnis

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (a) mengetahui dan mengukur faktor-faktor internal dan eksternal apa saja yang mempengaruhi dalam pemberian pinjaman Kupedes BRI Kanca Wonogiri sehingga dapat diketahui posisi di pasar saat ini, dan (b) memformulasikan alternatif strategi bisnis dalam rangka menentukan strategi bisnis keunggulan bersaing pinjaman Kupedes BRI Kanca Wonogiri. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan populasi seluruh nasabah Kupedes di BRI Kanca Wonogiri dengan jumlah nasabah per Mei 2007 berjumlah 37.880 orang dan merupakan repeat customer. Dari 70 set kuesioner yang disebarkan, yang kembali adalah 60 set (85,71%). Adapun responden penelitian ini adalah nasabah di BRI Unit yang mengambil kredit Kupedes. Keunggulan bersaing BRI dalam pemberian pinjaman Kupedes bersumber dari keterampilan atau kemampuan sumberdaya manusia bukan pada sumberdaya intangible lainnya, sumber daya di luar keterampilan, yang unggul adalah lokasi kantor yang mudah dijangkau oleh nasabah dan atribut pinjaman seperti pemberian hak PBTW dan penjaminan asuransi jiwa. Faktor kunci keberhasilan berdasarkan visi, misi dan tujuan Bank BRI Kanca Wonogiri adalah: (a) mobilisasi dana di seluruh kecamatan dengan memanfaatkan jaringan kerja yang luas dan sebagian sudah on line, untuk mendukung ekspansi Kupedes, (b) ekspansi pinjaman Kupedes di seluruh kecamatan dengan pelayanan yang cepat dengan memanfaatkan wewenang pemberian kredit yang lebih besar, dan (c) memanfaatkan peluang dana yang ada di masyarakat yang mendapat transfer uang untuk dijadikan nasabah simpanan sebagai sumber dana untuk membiayai Kupedes. Posisi Strategis Bank BRI Kanca Wonogiri dalam pemberian pinjaman Kupedes berada pada kuadran pertama atau tahap pertumbuhan yang agresif sehingga strategi pengembangan pinjaman Kupedes yang harus dilakukan adalah growth-oriented strategy atau menggunakan strategi SO, yaitu memanfaatkan seluruh kekuatan yang dimiliki untuk merebut dan memanfaatkan peluang sebesar-besarnya.

This research aims to : (a) know and measurement external and internal factor that affect in giving Kupedes loan BRI Kanca Wonogiri, so can knew market position in this time, and (b) formulate business strategy alternative to determinate competitive business strategy Kupedes loan BRI Kanca Wonogiri. Data item that use in this research is primary data with population all customers of Kupedes at BRI Kanca Wonogiri, with sum of customers is 37.880 in May 2007 and it is a repeat customer. From 70 set questioner, it’s back about 60 set (85,71%). Respondents of this research is customers of BRI that take Kupedes loan. Competitive advantage of BRI in the give Kupedes loan get from skill of human resource and not from others intangible resource, resource out of skill that advantage is office of location that easy to know and loan attribute as give PBTW and assurance. Key factor is according to vision, mission, and aim of BRI Kanca Wonogiri is (a) fund mobilization in all of district that use network and a half of it is on line, to support Kupedes expansion, (b) expansion of loan Kupedes in all of district with fast service with use give offer loan, and (c) be benefit of fund in the community as fund resource to cost of Kupedes. Strategic position of Bank BRI Kanca Wonogiri in the giving of Kupedes loan, there is in first quadrant or growing step, so strategy of Kupedes loan development that must be do is growth-oriented strategy or use SO strategy, it be benefit of all strength to get good opportunity.

Kata Kunci : Strategi Bisnis,Keunggulan Bersaing,KUPEDES, strategy, competitive advantage


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.