Penelitian perilaku konsumen dalam pembelian susu berkalsium tinggi produgen
KUSUMA, Kuncara Aji, Teguh Budiarto, Drs.,MIM
2007 | Tesis | Magister ManajemenBanyaknya merek susu kalsium tinggi yang beredar dipasaran Indonesia mencerminkan tingginya persaingan di industri susu berkalsium tinggi. Upaya untuk memenangkan persaingan perusahaan harus mampu menyediakan suatu sarana yang disebut marketing mix. Variabel-variabel marketing mix yang terdiri Produk, Harga, Tempat dan Promosi merupakan inti dari kegiatan pemasaran perusahaan yang dapat digunakan untuk menguatkan nilai perusahaan, agar dapat memenangkan persaingan dalam industri ini. Pada tesis ini penulis meneliti tentang; 1). Pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian konsumen susu berkalsium tinggi produgen dan 2). Perbedaan perilaku keputusan pembelian di lihat dari aspek jenis kelamin, status pernikahan, tingkat pengeluaran, dan tempat pembelian. Penelitian ini adalah penelitian non eksperimental menggunakan rancangan cross-sectional dan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data-data penelitian diperoleh dengan menggunakan metode angket. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive non probability sampling, yaitu di 3 jenis toko yaitu Mini Market, Supermarket, dan Hypermarket. Data-data penelitian yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis chi square. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa 1). Variabel produk, harga, tempat dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk susu berkalsium tinggi Produgen, sebesar = 50,7%. 2). Variabel produk merupakan variabel berpengaruh paling dominan terhadah keputusan pembelian konsumen susu berkalsium tinggi Produgen, dengan nilai beta = 0,329. 3). Berdasarkan hasil analisis Chi Square, terdapat perbedaan keputusan pembelian konsumen susu berkalsium tinggi Produgen dilihat dari karakteristik jenis kelamin dan karakteristik status pernikahan. Sedangkan dari karakteristik tingkat pengeluaran dan karakteristik pilihan tempat pembelian tidak terdapat berbedaan yang signifikan.
As there are numerous brand of high calcium milk in Indonesia’s market, it is reflecting the strong competition in high calcium milk industry. The solution to be successful in this competition is that the producer of high calcium milk must provide a feature called Marketing Mix. Marketing Mix variables are also known as Product, Price, Place and Promotion. They are the main core variables to enhance company’s equity in distributing this kind of milk. In this paper the writer has done some research about: 1). Marketing Mix’s influence towards consumer’s decision buying in choosing Produgen high calcium milk. 2).Differentiation in sex, marital status, level of consumer’s spending and place of purchase are variables that affecting consumer’s decision purchasing high calcium milk. It is a non experimental research using cross-sectional method combining with descriptive qualitative approach. Data research were taken from sampling questionnaire correspondent method and the sampling were done with purposive non probability sampling conducted in 3 type of stores such as mini market, supermarket and hypermarket. Furthermore the data research was analyzed using multiple line regression and chi square analysis. Results of this research showed that; 1). Product, Price, Place and Promotion are simultaneously playing as an important role that affecting customer’s decision in buying Produgen high calcium milk (50,7%). 2). Product is the most dominant variable why customer purchase Produgen high calcium milk (with beta coefficient = 0,329). 3). Based on Chi square analysis there are differences in decision purchase of Produgen high calcium milk based on characteristic of marital status and sex. While buyer’s characteristic by level of consumer’s spending and place of purchase showed insignificant difference on the research.
Kata Kunci : Perilaku Konsumen,Keputusan Membeli,research analysis, analysis of consumer’s behavior, consumer behavior purchasing, Produgen high calcium milk