Laporkan Masalah

Analisis strategi Lion Air

HARTOKO, Raden Bayu, Supriyadi, Dr.,M.Sc

2007 | Tesis | Magister Manajemen

Studi ini bertujuan untuk mempelajari efektifitas dari implementasi strategi low cost yang telah melakukan investasi aset dalam jumlah besar untuk meraih cost per unit yang rendah. Key success factor dalam industri dibandingkan terhadap kompetensi dan prestasi yang telah diraih perusahaan ini kemudian dapat menjadi indikator mengenai apakah perusahaan ini telah efektif dalam menjalankan strategi. Analisa pendahuluan dilakukan untuk mengetahui gambaran umum dari industri penerbangan dengan konsep low cost carrier. Kemudian penulis mengobservasi Lion Air sebagai subyek kasus dan melakukan wawancara kepada manejemen Lion Air. Beberapa teori digunakan untuk menganalisa kasus ini yang kemudian mendapatkan hasil yang kualitatif Hasil dari analisa adalah Lion Air sejauh ini telah maju dan berkembang dengan pesat dan telah menjadi pemimpin dalam persaingan. Akan tetapi masih ada yang harus diperbaiki dan ditinjau kembali terutama dalam hal pelayanan kepada pelanggan untuk mempertahankan dan menambah market share. Jika hal tersebut tidak diperhatikan, masa depan Lion Air dapat terancam terutama pasca pembelian pesawat Boeing 737-900 ER baru sebanyak 60 buah. Beberapa kesimpulan mengenai strategi yang perlu diperhatikan ke depan adalah penetrasi pasar, diversifikasi layanan, promosi, peningkatan kualitas dan pelatihan staf untuk menjadi pemimpin industri ini di Indonesia.

This paper is to examine the effectiveness of low cost strategy implemented with high asset investment in order to create lower unit cost. Industry key success factors are being compared with the competence and success history of this corporation in which would be indicators of strategy effectiveness. First analysis step is to know the low cost carrier industry characteristic. Further step is to observe Lion Air as the subject case and interview the Management of Lion Air. Several theories are being used in order to formulate qualitative result. The result from the analysis shows that Lion Air has grown and become the leader in the competition. However, there are strategies that have to be reviewed especially in the context of service to costumer to increase market share. If the suggested strategy is not being considered, it would jeopardize the future of Lion Air especially after the buying of 60 new Boeing 737-900 ER. Several conclusion regarding future strategy which have to be done are market penetration, service diversification, promotion, quality improvement and staff training in maintaining the position of a leader in this industry in Indonesia.

Kata Kunci : Strategi Bisnis,Lion Air,low cost carrier, Boeing 737-900 ER, scheduled flight, Lion Air, market share, competitive strategy analysys, key success factor


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.