Analisis dan desain sistem Order Management dan Service Delivery kasus divisi Enterprise Service PT Telekomunikasi Indonesia
NUGROHO, Setyo, Surahyo, B.Eng.,M.Eng.Sc
2007 | Tesis | Magister ManajemenPada penulisan tesis ini, membahas tentang Analisis dan Desain Sistem Order Management dan Service Delivery, pada studi kasus layanan komunikasi data dan internet, di Divisi Enterprise Service, PT Telekomunikasi Indonesia. Analisis tersebut didasari pada kompleksitas bisnis proses secara end to end, baik menyangkut penyediaan alat produksi, koordinasi, aktivasi, integasi hingga proses billing statement. Analisis berdasarkan pada aplikasi yang saat ini digunakan, yaitu aplikasi CINTA, dan hasil dari analisis tersebut didesain aplikasi Sistem Order Management dan Service Delivery. Desain dari aplikasi, yang akan berfungsi untuk cek potensi alat produksi, order manajemen, inventory sekaligus database layanan, tidak hanya merubah aplikasi saja, namun juga merubah bisnis proses secara end to end, yang melibatkan seluruh unit dan alat produksi seluruh Indonesia. Perubahan bisnis proses organisasi, mengacu fungsi organisasi sebagai fungsi yang sederhana yaitu Product Owner (PO) sebagai supplier dan Distribution Channel (DC) sebagai user. Perubahan aplikasi mengambil arti integritas dari informasi yang selama ini menggunakan berbagai database dan tidak terintegasi, menjadi satu database yang saling terintegasi secara end to end satu dengan yang lainnya. Untuk fungsi Service Delivery, perlunya unit organisasi Network Operation Control (NOC) dan Service Operation Control (SOC) yang memiliki akses ke semua alat produksi untuk melakukan fungsi aktivasi dan integrasi.
This paper discussed about Analysis and System Design for Order Management and Service Delivery, implementation on Enterprise Service Division, PT Telekomunikasi Indonesia. This analysis based on complexity of end to end process, about supply, coordination, activation, integration process until billing statement. Analysis based on CINTA application, and result from this analysis will be designed System Application for Order Management and Service Delivery. This design, have many function like supplier readiness, order management, hardware inventory and service database, and will change end to end process from many organization units and hardware management. This end to end process changed based on simplify organization function, as supplier function is Product Owner and as user function is Distribution Channel, and application changes will integrate database from many application. Service Delivery Function will be handled by Network and Service Operation Control Unit, and granted access to all infrastructure TELKOM, to execute service activation and integration.
Kata Kunci : Manajemen Perusahaan,Service Delivery dan Sistem Order, Competition, Eficiency, Integration, Business Process, NOC/SOC