Analisis strategi PT New Armada (Mekar Armada Jaya) dalam industri karoseri manufaktur di Jawa Tengah
MURYONO, Kun, Ertambang Nahartyo, Dr.,MSc
2007 | Tesis | Magister ManajemenSetiap industri harus mampu mengikuti setiap perkembangan yang terjadi sehingga dapat eksis dan berkembang. Persoalan akan selalu muncul baik dari dalam maupun dari lingkungan luar industri. Untuk dapat menjamin kelangsungan hidup dan perkembangan suatu usaha, maka diperlukan suatu bentuk strategi yang terarah, terpadu serta terencana dengan baik. PT Mekar Armada Jaya atau New Armada memiliki strategi korporat dan strategi bisnis untuk mampu menjawab persoalan dalam dunia usaha dewasa ini. PT Mekar Armada Jaya (New Armada) merupakan salah satu perusahaan karoseri dengan kemampuan produksi normal 525 Unit per bulan serta jumlah karyawan 3.500 orang, visi perusahaan adalah membuat produk berkualitas dan tepat waktu, sedang misinya kerja team adalah kekuatan perusahaan. Kondisi ekonomi dalam negeri yang buruk membuat industri karoseri lesu, sehingga permintaan akan kendaraan karoseri turun sejak krisis melanda sampai saat ini. Keadaan demikian harus segera dicarikan solusinya sehingga perusahaan dapat eksis dalam persaingan. Penentuan dan penerapan strategi yang tepat merupakan kebutuhan perusahaan yang bersifat mendesak. Analisis yang dilakukan meliputi analisis kondisi internal dan eksternal, identifikasi persaingan lingkungan, pendekatan BCG (Boston Consulting Group), dan terakhir menggunakan alat matriks SWOT. Hasil akhir akan ditemukan strategi yang mampu menjawab permasalahan perusahaan. Analisis BCG Matriks yang dilakukan menunjukan Kendaraan Angkutan Barang pada posisi Question Mark dan Kendaraan Angkutan Umum posisi Cash Cow. Strategi korporat yakni, portofolio bisnis, usaha yang dilakukan adalah dengan investasi dalam bidang pemasaran dan inovasi untuk kendaraan barang serta alokasi operator ahli secara merata pada lini produksi kendaraan angkutan umum dan kendaraan angkutan barang. Hasil perhitungan analisis SWOT adalah kekuatan (2,927) lebih besar dari pada kelemahan (2,657) dengan selisih positif sebesar 0,27. peluang (3,162) dan ancaman (3,235) menunjukan bahwa ancaman lebih besar dari pada peluang dengan selisih angka sebesar – 0,073. Hal yang dilakukan adalah mendukung pengembangan usaha kendaraan angkutan barang. Strategi bisnis ideal memperkuat pasar yang ada, peningkatkan inovasi dengan basis IT, peningkatkan koordinasi antar departemen, peningkatan kerjasama dengan suplier / ATPM, menjaga kualitas produk, membuat produk sesuai dengan keinginan konsumen, mengurangi produksi produk yang kurang laku, penerapan kebijakan reward and punishment yang seimbang.
Every industry must be able to follow every development happened causing earns excise and grows. Problem would emerge either from neither inside nor outside industrial external environment. To be able to guarantee continuity of business life and development, hence required a form of directional strategy, inwrought and is planned carefully. PT Mekar Armada Jaya or New Armada has corporate and business strategy for answering problem in corporate world these days. PT Mekar Armada Jaya (New Armada) is one of company carrosserie ably normal production 525 Units per month and number of employees 3.500, company vision is to make product with quality and timely, meanwhile the team work mission is the company strengthens. Worst economic counsel conditions make drawn carrosserie industry, so that vehicle demand of carrosserie decreases since crisis to knock over till now. This situation should be found the solution soon, so the company earns excise in emulation. Determination and applying of correct strategy is company require importunate. An analysis done covers internal and external condition, identification of area emulation approaches BCG (Boston Consulting Group), and last applies SWOT matrix equipment. End result will be found strategy which capable to answer company problems. BCG Matrix analysis has done shows Goods Vehicle Transportation on course Question Mark and Publics Vehicle Transportation in the position of Cash Cow. Corporate strategy namely, business portofolio, business done is investing in the marketing field and innovation for vehicle of goods and also expert operator allocation equally at produce line of publics’ vehicle transportation and goods vehicle transportation. Result of SWOT calculation analysis is strength (2,927) bigger than at weakness (2,657) with positive jargon 0,27. Opportunity (3,162) and threatment (3,235) indicates that threaten bigger than opportunity with numeral difference equal – 0,073. Thing done is support development effort for goods vehicle transportation. Ideal business strategy strengthens the market, innovation improvement with IT bases, coordination improvement of inter department, equal job improvement activity to supplier / ATPM, product quality take cares, makes product as according to customer desire, lessens produce of product that is less implementation, policy applying of reward and punishment which well – balanced.
Kata Kunci : Strategi Perusahaan,Industri Karoseri, Strategy, SWOT, Internal, External, and BCG