Faktor-faktor pemilihan Search Engine
KURNIAWAN, Andre, Dr.Ir. Eko Nugroho, M.S
2007 | Tesis | S2 Teknik Elektro (Magister Teknologi Informasi)Teknologi informasi sekarang ini sudah semakin luas digunakan orang, sehingga informasi dapat terdistribusi secara cepat. Orang-orang dapat memperoleh informasi melalui internet. Orang-orang juga dapat memberikan, menyebarkan bahkan member pelatihan bagi orang-orang Internet menjadi media popular dalam bertukar informasi. Sekarang media pertukaran tersebut dapat berupa blog, situs berita, forum atau media itu hanya berupa situs pribadi. Ada ratusan bahkan puluhan ribu situs yang tersedia. Search engine merupakan alat yang digunakan dalam pencarian informasi di internet. Saat sekarang aktifitas penggunaan search engine merupakan aktifitas utama selain browsing. Sekarang search engine sudah banyak jumlahnya. Masing-masing memiliki penggunanya masing-masing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa yang paling mempengaruhi orang-orang dalam memilih search engine favorit masing-masing. Penelitian ini menggunakan lima faktor dalam menguji para pemakai search engine. Fakor-faktornya adalah aspek hasil, aspek fitur, aspek desain tampilan, kemudahan penggunaan dan kepuasan pengguna dalam kecepatan respons. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan skala Likert. Responden dari kuesioner ini yaitu orang yang berumur 16 hingga 55 tahun. Hasil dari kuesioner ini dianalisa menggunakan SPSS (software statistik) dalam menghitung tes validitas, tes reliabilitas dan regresi linier berganda. Dari penelitian ini dihasilkan factor kemudahan dan kepuasan responden dalam kecepatan respon adalah factor yang sangat mempengaruhi orang dalam memilih search engine favoritnya. Hal ini dapat dilihat pada hasil yang signifikan pada regresi linier berganda. Masing-masing menghasilkan nilai kurang dari 10%. Ketiga faktor lainnya (aspek hasil, aspek fitur dan aspek desain tampilan) menjadi kurang berpengaruh bila dibandingkan dari kedua aspek diatas.
Since we have technology named internet, information has been spread vastly. People can find a lot of information in the internet. People can give, spread or even train anyone who call at their sites. The internet has been a loveable media to sharing information. Even now we have blogs, news sites, forums or just a private sites. Seems like hundreds of thousands sites are waiting to be access. Search engine is tools that use to search information on the internet. Nowadays using search engine has been a primary activity on the internet beside browsing. There is a lot of search engine today. Each of it have it‟s users. Purpose of this research is to search what is most influence people in order to choose their favorite search engine. The research use five factors to test people who‟s use search engine, there are : result, feature, design, ease of use and rapidity respons satisfaction. Method used in this research is questioner with Likert method. Participants of this questioner whose 16 until 55 years old. Yield of the questioner is analyse by SPSS (statistic software) that covered validity test, reliability test and multiple linear regression. This research‟s result ease of use factor and rapidity respons satisfaction are the most influencing people to choose their favorite search engine. It is indicated by significant result on the multiple linear regression. Each has scored less than 10% deviation. The other three (result factor, feature factor and design factor) is less influence responder in choosing their favorite search engine.
Kata Kunci : Search Engine,Pencarian Informasi