Faktor-faktor yang mendukung efektivitas penggunaan E-learning :: Studi kasus pada Papirus
WICAKSONO, Vishnuharyo, Ir. Rudy Hartanto, MT
2007 | Tesis | S2 Teknik Elektro (Magister Teknologi Informasi)Perkembangan aplikasi teknologi internet dimanfaatkan sektor pendidikan yang mendorong munculnya e-learning. Perubahan paradigma dalam sistem pembelajaran melahirkan distance learning. Siswa tidak lagi tergantung pada interaksi secara langsung. Namun kualitas layanan e-learning masih mendapat nilai negatif dari penggunanya. Maka perlu diadakan penelitian agar pengguna dapat berinteraksi secara efektif, efektivitas penyampaian pada situs e-learning terkait aspek Interaksi Manusia Komputer (IMK). Pada tesis ini, penulis mencoba untuk meneliti aspekaspek IMK yang mendukung efektivitas pembelajaran e-learning. Sehingga diperoleh acuan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas pada penggunaan terhadap suatu situs e-learning berdasarkan prioritas yang diinginkan oleh pengguna situs e-learning. Aspek-aspek yang diteliti adalah: kognitif, seni/estetika, isi/materi, kemudahan penggunaan/interaksi, kecepatan akses, dan sarana pengajaran. Subyek yang akan diteliti adalah mahasiswa Teknik Elektro, Universitas Gajah Mada dengan obyek penelitian e-learning Papirus dengan metode sampling. Hasil penelitian pada Papirus menunjukkan bahwa aspek seni/estetika yang paling mempengaruhi dalam efektivitas penyampaian e-learning pada Papirus, diikuti aspek isi/materi, kecepatan akses, sarana pengajaran, kemudahan penggunaan/ interaksi, serta kognitif. Dari hasil penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai bahan kajian bagi penyedia layanan e-learning tentang rujukan mendesain suatu situs e-learning yang efektif terhadap learner.
Education sector has exploiting internet technology that originates appearance of e-learning. Change of learning paradigm present distance learning. Student no longer depend on interaction directly. But quality of e-learning delivery service still gets negative value from its user. Hence need research that user can interact more effective, the effectiveness of e-learning related with Human-Computer Interaction (HCI) aspect. This research tries to identify HCI supporting factors in e-learning effectiveness. Thus obtain factors reference that effect on e-learning effectiveness usage based on elearning user priority wanted. Observed aspects are: cognitive, art/esthetic, content, easiness of use/interaction, access speed, and supporting facilities. Subject who will be scrutinize are student of Teknik Elektro, GajahMada University with Papirus as research object with sampling method. Result of research at Papirus indicates that art/esthetic aspect has intense influences in effectiveness forwarding of e-learning at Papirus mainly, followed by: content, access speed, supporting facilities, easiness use/interaction, and cognitive aspect. From result of the research can be made as piece of inquiry for e-learning service provider, as reference about e-learning design which is effective to learner.
Kata Kunci : E Learning,Interaksi Manusia,Komputer, E-learning, Human-Computer Interaction, Sampling