Perbedaan kepuasan konsumen berdasarkan segmentasi nilai personal dan segmentasi demografi pada pembeli potensial Distro Cosmic Surabaya
REZA, Muhammad, Fathul Himam, M.Psi.,MA.,Ph.D
2007 | Tesis | S2 Psikologi (Psikologi Industri dan Organisasi)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan tingkat kepuasan membeli pada konsumen produk distro Cosmic Surabaya berdasarkan segmentasi nilai personal. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kepuasan konsumen berdasarkan segmentasi demografi. Populasi penelitian ini adalah pembeli potensial distro Cosmic Surabaya. Sampel penelitian ini adalah konsumen distro Cosmic Surabaya yang mempunyai kartu anggota distro Cosmic , konsumen yang telah mengunjungi distro sebanyak tiga kali dan melakukan pembelian minimal Rp. 300.000,-. Analisis data dilakukan dengan metode kuantitatif dengan penghitungan statistik. Analisis menggunakan analisis varians (ANOVA) satu jalur dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kepuasaan konsumen pada pembeli potensial distro Cosmic Surabaya berdasarkan segmentasi nilai personal. Dimensi openness to change mempunyai tingkat kepuasan yang paling tinggi dibandingkan dimensi personal value yang lain, urutan berikutnya self enhancement, self transcendence, dan conservation. Dengan demikian strategi pemasaran dan promosi lebih diprioritaskan untuk konsumen dengan tipe openness to change. Promosi yang dilakukan dikhususkan bagi kalangan muda yang cenderung menyukai kesenangan, misal pada kegiatan kompetisi sport dan pentas band. Hasil analisis menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan kepuasan konsumen pada pembeli potensial distro Cosmic Surabaya berdasarkan segmentasi demografi yang meliputi jenis kelamin, umur, pendidikan, penghasilan dan pekerjaan.
This research aimed to study differences between satisfaction level of buying at consumer of distro product based on personal value segmentation. It was also to identify different consumer satisfaction based on demographical segmentation. The sample is consumer of distro Cosmic Surabaya having member card of distro Cosmic, consumer that have visited the distro three times and making buying of minimal Rp 300,000. Data was analyzed using quantitative method with statistical calculation. With product moment correlation, one-way variance analysis and t test. Results indicated that for dimensions of personal value (openness to change, conservation, self transcendence, and self enhancement) significant different to satisfaction of potential consumer of distro Cosmic Surabaya. Dimension of openness to change is one having close association with consumer satisfaction with correlation of 0.509. The next were conservation, self-transcendence and self -enhancement. Satisfaction level of distro Cosmic Surabaya consumers differed significantly for each personal value dimensions, supported with F test (P<0.05). Based on average consumer satisfaction, dimension of openness to change have highest satisfaction level, followed by self-enhancement, self-transcendence and conservation. There was no significant difference of consumer satisfaction of potential buyer in v based on demographical segmentation consisting of se x, age, education, income and occupation.
Kata Kunci : Kepuasan Konsumen,Segmentasi Nilai dan Demografi, satisfaction, personal value segmentation, demography segmentation, potential buyer