Laporkan Masalah

Terapi perilaku untuk meningkatkan kemandirian pada anak Autis

DEWIYANTI, Amalia, Dra. Neila Ramdhani, M.Si.,M.Ed

2007 | Tesis | S2 Psikologi (Profesi Psikologi Klinis)

Autis merupakan gangguan perkembangan pervasif yang berdampak pada kemampuan berpikir, komunikasi, perilaku, sosial, dan self-help. Apabila gangguan tersebut tidak ditangani, maka proses belajar hidup mandiri akan terhambat. Terapi Perilaku merupakan treatment utama bagi anak autis karena telah terbukti hasilnya yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Terapi Perilaku dalam meningkatkan kemandirian pada anak autis dengan metode penelitian eksperimen kasus tunggal. Subjek penelitian seorang anak anak autis yaitu R (6 tahun). Metode positive reinforcement dan modelling diberikan dalam Terapi Perilaku. Hasil penelitian secara kualitatif (analisis visual) menyatakan bahwa ada peningkatan kemampuan kemandirian pada tahap treatment.

Autism is a Pervasive Developmental Disorder that typically affects a person’s ability to think, communicate, behavior, social, and self help. If such disorder was not properly overcame, the learning process of living independently would be obstructed. Behavior Therapy has been the principal treatment for autistic children for its’ result has been proven to be successfull. This research is aimed to identify the effectiveness of methods Behavior Therapy in improving independency on autistic child by using a single case experimental design method. The subject of the research is an autistic child (R, 6 years-old). The methods of positive reiforcement and modelling are used in the Behavior Therapy. Qualitative result (visual analysis) reveals that at the treatment, the child could improve the ability to independency.

Kata Kunci : Autis,Terapi Perilaku,Kemandirian, autism, independency, Behavior Therapy


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.