Simulasi Traffic Light menggunakan Algoritma Genetika
SANTOSO, Kiswara Agung, Prof.Drs. Subanar, Ph.D
2007 | Tesis | S2 Ilmu KomputerTujuan penelitian ini adalah membuat metode baru untuk mengatur lampu lalu lintas (traffic light). Didalam metode ini diperlukan suatu itrasi yang cukup banyak (tergantung jumlah persimpangan) sehingga diperlukan waktu yang realatif lama. Karena waktu yang diperlukan cukup lama maka peneliti mempercepat perhitungan menggunakan bantuan algoritma genetic dengan batasan jumlah itrasi yang diingainkan. Input program meliputi data kapasitas jalan, data kepadatan lalu lintas di setiap ruas jalan pada persimpangan tersebut serta asumsi lama lampu kuning menyala di setiap ruas jalan. Output program meliputi lama lampu merah dan hijau menyala di setiap ruas jalan serta urutan traffic light menyala Penelitian ini berusaha melengkapi dan memadukan serta memberikan analisis alternatif dengan menggunakan metode yang lebih sederhana dari penelitian-penelitian sebelumnya dengan cara : - Memperkecil jumlah asumsi yang diperlukan. Disini asumsi yang dibutuhkan hanyalah ekuivalensi kendaraan terhadap sepeda motor dan nyala lampu kuning sedangkan lainnya benar-benar merupakan data hasil penelitian - Memberikan urutan traffic light menyala berdasarkan hasil analisa untuk memperkecil waktu tungu bagi pengendara. - Menentukan maksimal panjang antrian yang diinginkan disetiap ruas jalan (menentukan kapasitas jalan) - Untuk mempercepat analisa maka digunakan bantuan algoritma genetic dengan batasan jumlah itrasi
Target of this research is to make new method to arrange traffic light. With this method we earn to determine green light delay at each joint streets in an intersection according to queue length which have been determined and also is maximal of vehicle desist ( red light delay) which have been specified. Program input cover road : street capacities data, data density of traffic in each;every joint streets at the intersection and also old assumption of lamp turn yellow to blaze in each;every joint streets. Program Output cover red light, turn yellow and aflame green in each every joint streets and also sequence of traffic aflame light. This research try to equip and also give alternative analysis by using more simple method of previous researchs by : - Minimizing the amount of needed assumption. Here required assumption only vehicle ekuivalensi to motorbike and blaze lamp turn yellow while other really is representing data result of research. - Giving sequence of traffic aflame light to result of analysis to minimize time of delay for rider - Determining is maximal wanted queue length each every joint streets (determining street capacities) - To quicken analysis hence used algorithm of genetic with definition of is amount of itrasi.
Kata Kunci : Algoritma Genetik,Simulasi Traffic Light, analysis management of traffic light, genetic algorithm.