Laporkan Masalah

Evaluasi Continuous Quality Improvement (CQI) di Rumah Sakit yang mengimplementasikan sistem manajemen mutu ISO 9000 di Indonesia

MAHARANI, Chatila, dr. Tjahjono Kuntjoro, MPH.,Dr.PH

2007 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (Manajemen Rumah Saki

Latar Belakang : Rumah sakit perlu memperbaiki pelayanannya secara terus menerus antara lain dengan cara menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) salah satunya adalah ISO 9000. Salah satu prinsip manajemen mutu dalam ISO 9000 adalah pelaksanaan upaya peningkatan mutu berkelanjutan atau Continous Quality Improvement (CQI). CQI adalah salah satu pendekatan untuk meningkatkan kinerja organisasi. Dalam meningkatkan mutunya, rumah sakit memerlukan indikator-indikator tertentu agar dapat melakukan penilaian atas hasil yang telah dicapai dan sebagai dasar untuk melaksanakan perbaikan selanjutnya. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rumah sakit yang mengimplementasikan SMM ISO 9000 telah konsisten menjalankan kegiatan CQI dan berdampak pada peningkatan kinerja rumah sakit. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang menggunakan pengukuran secara longitudinal dan retrospektif berdasarkan data historis. Penelitian ini menggunakan kuisioner yang dikirimkan melalui surat. Hasil dan Pembahasan : Rumah sakit yang telah mengimplementasikan SMM ISO 9000 tidak semuanya menjalankan langkah-langkah CQI secara konsisten dan tidak terjadi peningkatan kinerja.Terdapat satu rumah sakit yang konsisten menjalankan CQI tetapi tidak mengalami peningkatan kinerja. Kesimpulan dan Saran : Sistem Manajemen Mutu ISO 9000 tidak menjamin implementasi CQI secara konsisten dan peningkatan kinerja secara keseluruhan. Agar rumah sakit dapat menjalankan CQI dengan baik diperlukan pemberdayaan staf sehingga terdapat komitmen diantara semua staf.

Background: Hospitals require improving their service continuously through implementation of Quality Management System (QMS), one of them is implementation of ISO 9000. One of quality management principles in ISO 9000 is effort to implement Continuous Quality Improvement (CQI). CQI is an approach to improve organization performance. To improve their quality, hospitals require indicators for measuring their performance. Objectives: This research aimed at identifying whether hospitals which implement ISO 9000 QMS were consistently running CQI and affected hospitals improvement quality performance. Methods: This was an ex post facto research with longitudinal measurement and retrospective review on historical data. The questioners were sent by mail. Results and Discussions: Not all hospitals consistently run the steps of CQI and there were no improvement in the performance. There was one hospital run the CQI consistently but there is no evidence of improvement in the performance. Conclusion: ISO 9000 QMS did not guarantee the implementation of CQI consistently as well as the overall improvement of the performance. To run CQI well, hospitals need to empower the staff in order to make built commitment among the employees.

Kata Kunci : Manajemen Rumah Sakit,Sistem Manajemen Mutu ISO 9000,Evaluasi CQI


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.