Pemanfaatan Instant Messaging dalam pelaksanaan aktivitas perkantoran :: Studi kasus pada Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
TARIGAN, Novalita Anasari, Dr. Sony Warsono, MAFIS
2007 | Tesis | S2 AkuntansiTerdapat beberapa inovasi di bidang telekomunikasi berbasis komputer seperti electronic mail (e-mail), voice mail, teleconference serta instant messaging yang dapat digunakan oleh anggota organisasi untuk berkomunikasi lebih efektif dengan individu di dalam maupun luar organisasi (Culnan dan Markus, 1987 dalam Utami, 2002). Menurut Dennis dan Valacich (1999) individu-individu yang bekerja sama melakukan suatu tugas akan melakukan dua proses dalam berkomunikasi yaitu penyebaran informasi dan penyatuan informasi. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengenai Pemanfaatan Instant Messaging dalam Pelaksanaan Aktivitas Perkantoran. Instant Messaging didefenisikan suatu alat berbasis komputer mendekati sinkron yang memungkinkan untuk berkomunikasi satu lawan satu dan memungkinkan penggunanya bertukar pesan dan file secara online. Terdapat beberapa program Instant Messaging seperti Yahoo!Messenger, MSN Messenger, ICQ, AIM, Jabber dan lainnya. Terdapat empat hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Variabel penelitian dalam penelitian ini adalah tugas rutin, interaksi sosial, tugas non rutin, dan pengalaman pengguna. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan Fakultas Ekonomi Universita Gadjah Mada Yogyakarta. Kuisioner yang digunakan adalah 90 dari 117 kuisoner yang disebar. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji t satu sampel dan uji t untuk sampel yang independent dengan menggunakan program SPSS 15.0. Dari empat hipotesis yang diajukan diperoleh tiga hipotesis diterima
Many innovation in computer based telecommunication like electronic mail (e-mail), voice mail, video teleconference, and instant messaging, that can used for communication more effective with individual intern or extern organization (member of organization) (Culnan & Markus, 1987 in Utami, 2002). According Dennis and Valacich (1999) the individuals will make team work or working together will do two process in communication: conveyance and convergance. This research have been done at Economic Faculty Gadjah Mada University Yogyakarta. This research about Instant Messaging in official activities. The definition Instant Messaging is synchronous computer based tool that possibility to communicate one by one and online exchanging messages and files. Kind of Instant Messaging program are Yahoo!Messenger, MSN Messenger, ICQ, AIM, Jabber, etc. Four hypotheses that used in this research and the research variable are routine task, social interaction, non routine task, and level of user experience. Type of data that used is primary data that collected through questionare. The respondend of this research is the employee of Economic Faculty Gadjah Mada University Yogyakarta. Ninety from hundred and seventy questionare that have been spread could used. The primary data will process with one sample t-test and independen sample t-test with SPSS 15.0 programme. The result shows that three hypotheses was accepted.
Kata Kunci : Teknologi Informasi,Instant Messaging,Aktivitas Kantor, Instant Messaging, conveyance, convergance, routine task, social interaction, non routine task, and level of user experience