Laporkan Masalah

Sikap konsumen terhadap restoran ayam goreng Suharti dan KFC di Yogyakarta

IBUNDANI, Lukito Caesaria, Ir. Sutrilah, MS

2007 | Tesis | Magister Manajemen Agribisnis

Pengaruh globalisasi membawa dampak persaingan ant ar pelaku bisnis restoran ayam goreng semakin ketat. Oleh karena itu, diperlukan usaha-usaha pemasaran untuk mencapai keunggulan kompetitif melalui konsep pemasaran yang berorientasi pada pemahaman kebutuhan konsumen. Untuk itu, penelitian ini bertujuan un tuk mengetahui sikap konsumen terhadap restoran ayam goreng, dimana penelitian ini dilakukan pada restoran ayam goreng asing dan ayam goreng lokal di Yogyakarta. Sampel dari restoran ayam goreng asing adalah Kentucky Fried Chicken (KFC) dan sampel dari res toran ayam goreng lokal adalah Ayam Goreng Suharti. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan tehnik survey. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara dan kuisioner, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 50 responden untuk konsumen restoran KFC dan 50 responden untuk konsumen restoran Ayam Goreng Suharti. Urutan tingkat kepentingan atribut pada konsumen restor an KFC adalah citarasa masakan, kenyamanan tempat, keramahan karyawan, variasi menu, keindahan/daya tarik penyajian masakan, promosi, kesesuaian dengan kelas sosial, desain interior dan eksterior, penampilan logo/simbol restoran dan kesesuaian dengan gaya hidup. Sedangkan pada restoran Ayam Goreng Suharti, urutan tingkat kepentingan atribut adalah adalah citarasa masakan, kenyamanan tempat, keramahan karyawan, variasi menu, keindahan/daya tarik penyajian masakan, promosi, kesesuaian dengan kelas sosial, pen ampilan logo/simbol restoran, desain interior dan eksterior dan kesesuaian dengan gaya hidup. Hasil analisis menunjukkan skala sikap konsumen restoran KFC dan konsumen restoran Ayam Goreng Suharti berada pada skala netral yang artinya semua atribut di restoran tersebut biasa saja menurut para konsumen

Market globalization has tightened competition among fried chicken restaurant consequently, a more appropriate marketing concept oriented toward understanding consumers need is increasingly needed to pursue competitive advantage. The research was aimed to find out consumer attitude toward fried chicken restaurant, which the research was carried out in franchising fried chicken restaurant and local fried chicken restaurant. The sample of franchising fried chicken restaurant is Kentucky Fried Chicken and the sample of local fried chicken restaurant is Ayam Goreng Suharti. The research was peformed through observation method and survey technique. Data that used for the research were both primary and secondary data. Primary data was obtained through observ ation, interview and questionnaire, while the secondary was provided by literature. The numbers of respondent for the research is consist of 50 respondent of KFC consumers and 50 respondent of Ayam Goreng Suharti consumers. The series of attribute importance for KFC restaurant consumer are the food taste, nice environment, hospitality, menu variation, food appearance, promotion, social class acceptance, exterior and interior design, appearance of restaurant logo/symbol and life style acceptance. The series of attribute importance for Ayam Goreng Suharti restaurant consumer are the food taste, nice environment, hospitality, menu variation, food appearance, promotion, social class acceptance, appearance of restaurant logo/symbol, exterior and interior design and life style acceptance. The analysis result indicates that the attitude scale of consumer on KFC restaurant and Ayam Goreng Suharti was in neutral scale, it means that the consumer have no opinions to all attributes in these two restaurant.

Kata Kunci : Pemasaran,Perilaku Konsumen,Sikap,consumer attitude, attribute, KFC restaurant and Ayam Goreng Suharti restaurant


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.