Laporkan Masalah

Strategi berdaing PT Jaya Indah Casting untuk mengoptimalkan kapasitas produksi

PURWANTO, Supriyadi, Dr.,M.Sc

2007 | Tesis | Magister Manajemen

Permasalahan perusahaan menjadi semakin komplek dan persaingan bisnis menjadi meningkat sangat tajam, sebagai akibat perubahan lingkungan bisnis dalam era globalisasi. Perusahaan harus dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan agar dapat survive di tengah kondisi tersebut. Untuk itu manajemen dituntut untuk mengelola organisasinya secara baik dan lebih profesional di dalam mengendalikan kegiatan perusahaan. PT. Jaya Indah Casting sebagai salah satu perusahaan multinasional yang sudah terlibat di dalam persaingan bisnis pengecoran logam untuk komponen kompresor kulkas dan penyejuk udara berkenaan dengan para pesaing harus segera mengantisipasi dan menyiapkan strategi bisnis baru untuk menjadikan bertahan dan berkembang di masa depan. Penelitian mempunyai tujuan untuk menganalisa lingkungan bisnis eksternal dan internal, mengidentifikasi dan mengevaluasi strategi bisnis yang sudah diimplementasikan dan menemukan alternatif strategi di masa depan yang dapat diimplementasikan PT. Jaya Indah Casting. Lingkungan bisnis eksternal akan dianalisa dengan lingkungan bisnis bersama (ekonomi, politik, ekologi dan teknologi), Kekuatan-kekuatan persaingan Porter, kekuatan-kekuatan pemicu dan faktor-faktor kunci keberhasilan. Lingkungan bisnis internal akan dianalisa dengan metoda SWOT, struktur organisasi, laporan-laporan keuangan, pemetaan proses, rencana kemungkinan dan benchmarking, yang mana secara bersama-sama akan dikombinasikan untuk memformulasikan strategi bisnis di masa mendatang. Penelitian menunjukkan bahwa untuk mempertahankan perkembangan dan memenangkan persaingan, PT. Jaya Indah Casting seharusnya mengimplementasikan strategi pertumbuhan, strategi operasional (bidang baru & produk baru, customer baru,kualitas dan kepuasan pelanggan), lokasi dan perawatan mesin/alat-alat.

Company’s problem is to becoming more complex and business competition to be more sharply increased, which was affected of the change of business environment in global era. Company has to be able to adapt with the environment in order to survive in the middle of the condition as mentioned. Therefore the management is pursuit to manage their organization in a good manner and more professional to plan and control the company’s activity. PT. Jaya Indah Casting as one of multinational company which already involve in casting’s component for compressor refrigerator and air conditioner business competition related with competitors have to immediately anticipate and prepare new business strategic to become survive and develop for the future. The research has the purpose to analyze external and internal business environment, identify and evaluate business strategic that already implemented, and find the future alternative strategic that could be implemented by PT. Jaya Indah Casting. External business environment will be analyzed by common business environment (economic, political, ecology and technology), Porter’s competitive forces, driving forces and key success factors. Internal business environment will be analyzed by SWOT method, organization structure, financial reports, process mapping, contingency plan and benchmarking, which altogether will be combined to formulate business strategic for the future. The research show that to survive develop and win the competition, PT. Jaya Indah Casting should implement growing strategic, operational strategic (new field & new product, new customer, quality and customer satisfaction), location and maintenance machine/tools.

Kata Kunci : Strategi Bersaing,Kapasitas Produksi, casting business, Porter’s competitive forces, operational strategic


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.