Pengaruh penilaian kinerja persepsian terhadap kepuasan kerja dengan kohesivitas kelompok persepsian sebagai variabel moderasi di Pertamina UP-IV Cilacap
OCTAVIANIE, Junita, Djamaludin Ancok, Prof.Dr.,MA
2007 | Tesis | Magister ManajemenPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara penilaian kinerja persepsian terhadap kepuasan kerja dan sekaligus untuk mengetahui pengaruh penilaian kinerja persepsian terhadap kepuasan kerja karyawan Pertamina UP IV Cilacap yang dimoderasi oleh karakteristik kohesivitas kelompok persepsian. Penelitian dilakukan di Pertamina UP IV Cilacap bagian SDM, Laboratorium, FOC-II, Pen. Reliabilitas, Ren. JPK, PEM I, PEM II. PEM III,PEM IV, dan kontrak pada berbagai level yang dinilai berdasarkan Management By Objectives yang terdiri dari karyawan permanent, non permanent, dan outsource. Kuesioner yang disebarkan adalah 106 buah dan yang dikembalikan berjumlah 78 buah. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa seluruh butir pertanyaan terdiri dari 24 butir pertanyaan untuk variabel penilaian kinerja persepsian, 20 butir pertanyaan untuk kepuasan karyawan dan 33 butir pertanyaan untuk karakteristik kohesivitas kelompok persepsian dapat dinyatakan valid. Sehingga seluruh butir pertanyaan yang ada pada instrumen penelitian dapat dinyatakan layak sebagai instrumen untuk mengukur data penelitian. Dapat disimpulkan bahwa penilaian kinerja persepsian berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan kerja karyawan (Y). Hal ini dibuktikan dengan probabilitas (sig-t) yang nilainya dibawah 0,05. Artinya perusahaan yang memiliki karakteristik penilaian kinerja yang lebih baik maka Kepuasan kerja karyawan (Y) akan semakin baik. Variabel kohesivitas kelompok persepsian memperkuat pengaruh antara penilaian kinerja persepsian terhadap kepuasan kerja karyawan (Y). Hal ini didukung dengan hasil uji t pada variabel interaksi yang memiliki probabilitas (sig-t) lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penilaian kinerja persepsian (X) terhadap Kepuasan kerja karyawan (Y) yang dimoderasi oleh variabel kohesivitas kelompok persepsian (Z) di Pertamina UP IV Cilacap.
This research is aimed to identify whether there is a relationship between perceptive performance appraisals and work satisfaction as well as to identify the influence of perceptive performance appraisals on the work satisfaction of the employees of Pertamina UP IV Cilacap moderated by the cohesiveness characteristic of perceptive groups. The research was conducted in Pertamina UP IV Cilacap, specifically in Human Resource Division, laboratory, FOC-II, Pen Reliability, Ren. JPK, PEM I, PEM II, PEM III, PEM IV, and contracts at various levels assessed based on Management By Objectives, by involving permanent employees, non permanent employees and outsource. 106 questionnaires were distributed, and 78 were returned. The data analysis indicated that all the questions items, which consist of 24 questions about perceptive performance appraisals variables, 20 questions about employees’ satisfaction, and 33 questions about cohesiveness characteristic of perceptive groups, were valid. Therefore, all the question items in the research instruments were considered accurate to be the instruments to measure the research data. The conclusion is that the perceptive performance appraisals significantly influenced the work satisfaction of employees (Y). It is proven by the probability (sig-t) of under 0,05 which means that a company having a better performance appraisals will have better work satisfaction of employees (Y). The cohesiveness variable of perceptive groups strengthened the influence of perceptive performance appraisals on the work satisfaction of employees (Y). It is indicated by the result of t test of interaction variable whose probability (sig-t) is less than 0,05. It means there is a significant influence of perceptive performance appraisals (X) on the employees’ work satisfaction (Y) moderated by the cohesiveness variable of perceptive groups (Z) in Pertamina UP IV Cilacap.
Kata Kunci : Kepuasan Kerja,Penilaian Kinerja, Perceptive performance appraisals, work satisfaction cohesiveness characteristic of perceptive groups, Management By Objectives