Analisis perbandingan kepuasan konsumen terhadap atribut Softex lama dan Softex baru
KEMBAREN, Andarina Sembiring, Teguh Budiarto, Drs.,MM
2007 | Tesis | Magister ManajemenTujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis perbandingan kepuasan konsumen pada atribut lama dan atribut baru produk Softex. Subyek penelitian adalah 100 orang yang pernah menggunakan pembalut merek Softex baik yang lama ataupun yang baru, di Yogyakarta. Wilayah penelitian dibatasi hanya pada wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis data yang digunakan adalah Compare Mean: Paired Sample T-Test. Uji ini digunakan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kepuasan konsumen (customer satisfaction) pada atribut lama produk Softex dengan kepuasan konsumen (customer satisfaction) pada atribut baru produk Softex. Softex yang merupakan merek pembalut pertama yang ada di Indonesia melakukan berbagai perubahan atribut guna mengambil kembali pangsa pasarnya yang hilang ketika masuknya merek-merek pembalut asing ke Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kepuasan konsumen pada atribut lama dan pada atribut baru. Hal ini menjelaskan bahwa perusahaan Softex berhasil melakukan perubahan sekaligus meningkatkan kepuasan konsumen. Tetapi harapan konsumen tidak bersifat statis sehingga sangat dianjurkan kepada perusahaan Softex untuk terus melakukan penelitian tentang keinginan konsumen dan melakukan berbagai inovasi terhadap produknya.
The purpose of this research is to discuss about the difference of consumer satisfaction between satisfaction on the old attribute of Softex products to satisfaction on the new attribute of Softex. Subject of this research are 100 person of Softex sanitary napkin user in Yogyakarta. Territory of this research is limited only to Daerah Istimewa Yogyakarta. Data analysis that is used is Compare Mean: Paired Sample T-Test. This test is used to find out whether there is a significant differences between customer satisfaction towards old Softex attribute with customer satisfaction towards Softex new product. Softex as the first sanitary napkin brand in Indonesia is doing attribute changes/ modifications in order to take back its market share that is lost when foreign sanitary napkin brand enters Indonesia. According to the result of the research by using the above analysis, it can be concluded that there is a significant differences between customer satisfaction on Softex new attributes and customer satisfaction on the old attribute of Softex. This explains that Softex has succeeded in doing their changes and also rising their customer satisfaction. However, customer’s hope doesn’t stays static, so that it is suggested to Softex to keep on doing research on customer wants and keep on innovating their products.
Kata Kunci : Kepuasan Konsumen,Atribut Produk, Product Attribute, Customer Satisfaction