Faktor-faktor yang berpengaruh pada perpindahan merek (Brand Switching)
UBBADA, Darda, Sari Winahjoe S., Dra.,MBA
2006 | Tesis | Magister ManajemenPenelitian ini merupakan sebuah studi kausalitas satu arah untuk mengetahui pengaruh ketidakpuasan konsumen, kategori produk, kebutuhan mencari variasi serta efek moderasinya pada perpindahan merek sepeda motor, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menguji kebenaran suatu hipotesis. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data primer melalui kegiatan survei. Disain sampel dilakukan dengan metode non probability sampling. Sampel yang diambil dari populasi yang ada adalah para pemilik sepeda motor yang pernah berganti merek, sehingga penelitian ini menggunakan penyampelan secara purposif. Dalam penelitian ini peneliti menyebarkan kuesioner sebanyak 100 bundel kuesioner kepada pemilik sepeda motor yang pernah berpindah merek di DKI Jakarta. Metode analisis yang digunakan untuk mengukur validitas dan reabilitas dalam penelitian adalah analisis faktor. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda khususnya koefisien regresi dari masing-masing variabel independen hanya ketidakpuasan konsumen dan kebutuhan mencari variasi yang signifikan bepengaruh positif terhadap terjadinya perpindahan merek, sedangkan karakteristik kategori produk tidak. Kebutuhan mencari variasi merupakan faktor yang memoderasi hubungan antara ketidakpuasan konsumen dan karakteristik kategori produk pada peralihan merek.
This research represent a one way causality study to examine the variables of consumer dissatisfaction, product category, variety seeking (as a moderating variable) that has been suspected influencing the brand switching in the motorbike market, so that this research aim to test the truth of hypothesis. Data gathered by collecting primary data through activity of survey to population of the motorbike owner who has done brand switching activity in DKI Jakarta. Non probability sampling design was used in this research. Data collected using questionnaire to 100 respondents. Factor analysis method was used to measure validity and reability in this research. Pursuant to result of multiple regression analysis specially coefficient of regression from each independent variable only consumer dissatisfaction and variety seeking significantly influence brand switching, while product category is not significantly influence brand switching. Variety seeking is a factor that moderating consumer dissatisfaction and product category to brand switching.
Kata Kunci : Manajemen Pemasaran,Perpindahan Merek, dissatisfaction, product category, variety seeking, brand switching, factor analysis, non probability sampling