Formulasi strategi divisi Tire Cord PT Gajah Tunggal Tbk
WIDAYANTO, Dwi, Harsono, Dr.,M.Sc
2006 | Tesis | Magister ManajemenPerkembangan era globalisasi merupakan suatu kondisi yang harus disikapi dengan cermat untuk tetap dapat maju dan berkembang, karena era globalisasi adalah suatu kondisi persaingan dimana perusahaan menjadi saling tergantung dan terkait secara global melalui aliansi strategi dan jaringan internasional yang memberikan dampak terhadap keterkaitan bisnis dalam beberapa industri. Divisi tire cord PT Gajah Tunggal sebagai produsen tire cord yang dimiliki oleh PT Gajah Tunggal Tbk yang bisnisnya bergerak dalam industri ban, mau tidak mau harus menghadapi proses persaingan di era globalisasi. Persaingan di era globalisasi harus dihadapi dengan perumusan strategi yang dapat mendukung proses tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap kondisi lingkungan bisnis eksternal dan internal Divisi tire cord PT Gajah Tunggal yang memberikan pengaruh pada perkembangan bisnisnya. Hasil analisis ini kemudian digunakan untuk merumuskan suatu strategi bisnis yang sesuai sehingga dapat meningkatkan daya saing Divisi tire cord dalam bisnis tire cord di Indonesia. Analisis lingkungan eksternal dilakukan menggunakan analisis lingkungan bisnis umum yang meliputi analisis lingkungan politik, ekonomi, hukum dan pemerintahan, sosial budaya, dan teknologi; analisis five competitive forces model; analisis driving forces; analisis pesaing dan persaingan; dan analisis key success factors. Analisis lingkungan internal dilakukan menggunakan analisis rantai nilai, sumberdaya dan hubungan antara Divisi tire cord dan PT Gajah Tunggal. Hasil analisis terhadap lingkungan eksternal dan internal tersebut digabungkan dalam matriks TOWS sebagai dasar untuk menyusun strategi alternatif bagi pengembangan Divisi tire cord PT Gajah Tunggal Tbk. Berdasarkan analisis SWOT dapat disimpulkan bahwa untuk dapat meningkatkan daya saingnya Divisi tire cord harus tetap memfokuskan usahanya pada peningkatan kemampuan layanan kepada pelanggan dengan penekanan tetap mengutamakan pada pelayanan tire cord nylon 6 agar tercipta kesetiaan pelanggan (customer loyalty). Adapun strategi generik yang dapat diimplementasikan adalah low-cost leadership strategy pada segmen tire cord nylon 6. Beberapa alternatif strategi lainnya yang dapat dilakukan adalah melalui peremajaan mesin-mesin produksi, peningkatan layanan segmen tire cord selain jenis nylon 6, joint venture dengan perusahaan tire cord luar negeri yang memiliki reputasi pada segmen tire cord polyester, dan meningkatkan daya saing dengan cara efisiensi.
The growth of Globalization era represent a condition which have to face carefully in order to remain to earn go forward and expand, because globalization era is a competition condition when company become interdependent and related globally through alliance strategy and international network which give impact to related business in few industry. Tire cord Division of PT Gajah Tunggal as tire cord producer which had by PT Gajah Tunggal which its business is in tire industry, has to face competition process in the globalization era. Competition in the globalization era has to face with strategy formulation able to support the process. The objective of this research is to analyze the external business environment and the internal of Tire cord Division of PT Gajah Tunggal that giving influence at its business growth. The result of this analysis is then used to formulate an appropriate business strategy so that can improve the Tire cord Division competitiveness in tire cord business in Indonesia. External environment was analyzed by using general business environment analysis which cover political, economic, law and governmental, social-cultural, and technological environment analysis; five competitive forces analysis; driving forces analysis; competitor and competition analysis; and key success factors analysis. Internal environment was analyzed by using value chain, resources and relation between Tire cord Division and PT Gajah Tunggal analysis. The result of both analyze are combined together in SWOT matrix as a basic to formulate alternative strategy for Tire cord Division business development. Based on SWOT analysis, it can be concluded that to be able to improve its competitiveness, Tire cord Division have to focus its effort at customer service ability with emphasis remain to nylon 6 segment so that can create customer loyalty. As for implementation of generic strategy able to is low-cost leadership strategy at nylon 6 segment. Some other strategy alternatives that can also be implemented are through production machine replacement, improve service besides nylon 6 segment, joint venture with other tire cord company overseas which has reputation at polyester segment, and improving competitiveness by efficiency.
Kata Kunci : Strategi Bisnis,Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal, business strategy, PT Gajah Tunggal, Tire cord Division, tire, tire cord