Analisis probabilitas penyebaran pasar properti Pusat Perbelanjaan di Kota Surakarta tahun 2007
ARDIANA, Emy, Wakhid S. Ciptono, MBA.,MPM
2007 | Tesis | Magister Ekonomika PembangunanAnalisis wilayah cakupan merupakan teori penting untuk mengetahui probabilitas penyerapan pasar properti pusat perbelanjaan dalam membuat keputusan investasi bisnis ritel. Analisis penyerapan pasar terhadap pusat perbelanjaan di Kota Surakarta dilakukan untuk menghitung persaingan antar pusat perbelanjaan, prospek investasi, kebiasaan berbelanjaan konsumen serta peluang investasi ruang perbelanjaan. Obyek dari penelitian ini adalah sepuluh pusat perbelanjaan yang ada di Kota Surakarta. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah sampel bertujuan melalui wawancara terhadap 300 responden untuk memperoleh data primer dan riset kepustakaan untuk memperoleh data sekunder. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga model. Pertama, model probabilitas Huff yang digunakan untuk mengukur probabilitas kunjungan masing-masing pusat perbelanjaan sehingga diketahui persaingan antarpusat perbelanjaan. Kedua, model penilaian dengan menggunakan pendekatan pendapatan untuk menghitung nilai potensial dan prospek investasinya. Model ketiga, melakukan estimasi permintaan pasar terhadap ruang perbelanjaan yang digunakan untuk menghitung tingkat kecukupan pasokan ruang perbelanjaan yang sudah ada sehingga diketahui peluang investasinya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa probabilitas dan nilai potensi tertinggi adalah pusat perbelanjaan Solo Grand Mall. Telah terjadi kelebihan pasokan ruang pusat perbelanjaan di Kota Surakarta sebesar 25.578 m2
Trade Area analysis is a important theory to make decision on investment of retail business. Trade area analysis of shopping centre in Surakarta, conducted to measure the competition between shopping cent re, investment prospect, consumer’s shopping habit and opportunity on investment of retail space. The object research are ten shopping centres on Surakarta. Technique used in data colection is purposive sampling based on interview of 300 respondents to obtain the primary data and research into library to obtain the secondary data. The model analysis used in this research is divided into three models. First, Huff’s probability model used to measure the probability visit of each shopping centres so it can be known the competition level between the shopping centres. Second, assessment model by using income approach to identify the potensial value and its investment prospect. Third model, estimating potential market demand of retail space used to measure sufficiency level of supply retail space so that known the invesment opportunity. The result of this research shows that the highest probability and potential value is Solo Grand Mall. There are over supply of shopping centres space about 25.578 m2 in Surakarta.
Kata Kunci : Pusat Perbelanjaan,Nilai Potensi,shopping centres, Huff’s Probability Model, potential value