Laporkan Masalah

Pemilihan lokasi mini market dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis :: Studi kasus Pembukaan Toko Baru Mini Market Yomart di Kota Cirebon

MAULANA, Mohammad Sidik, Ir. Subaryono, MA.,Ph.D

2007 | Tesis | S2 Teknik Geomatika

Pemilihan wilayah potensial sebagai lokasi mini market Yomart di Kota Cirebon mempertimbangkan beberapa kriteria, yaitu ukuran populasi dan karakteristik penduduk, tingkat perekonomian dan tingkat persaingan. Sedangkan dalam pemilihan lokasi optimal untuk mini market, lokasi harus berada di lingkungan konsentrasi penduduk, berada di luar lingkungan pasar tradisional, berada di luar lingkungan mini market atau supermarket yang sudah ada, berada di tepi jalan kolektor atau arteri, dapat dijangkau angkutan umum, berada di lingkungan keramaian, memiliki luas tanah 70–250 meter2 dengan luas bangunan di atasnya 70– 150 meter2 dan penggunaan yang dibolehkan hanya rumah dan toko. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan wilayah yang potensial untuk pengembangan mini market dan menentukan lokasi yang optimal sebagai lokasi berdirinya mini market.Alat bantu yang digunakan adalah Sistem Informasi Geografis (SIG) dan metode pengambilan keputusan multi kriteria Simple Additive Weighting (SAW). Dalam penelitian ini terdapat 10 (sepuluh) alternatif wilayah yang akan dianalisa. Lima kelurahan berada di Kecamatan Kesambi dan 5 (lima) kelurahan berada di Kecamatan Harjamukti. Penelitian ini menggunakan data spasial antara lain peta jaringan jalan, peta blok Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan peta batas administrasi kecamatan. Beberapa peta lain yang digunakan diperoleh dari proses ekstraksi peta blok PBB, diantaranya adalah peta lokasi pasar tradisional, peta lokasi mini market dan supermarket, peta lokasi keramaian. Sedangkan peta jalur angkutan umum diperoleh dari proses ekstraksi peta jaringan jalan. Data atribut yang digunakan dalam penelitian ini adalah data atribut SISMIOP Pajak Bumi dan Bangunan; data kependudukan; data trayek angkutan kota; data lokasi pasar tradisional, mini market dan supermarket; dan data pendapatan rata-rata penduduk. Hasil dari penelitian diperoleh 4 wilayah yang mempunyai nilai (VA) lebih dari 0,5 sebagai wilayah yang potensial untuk pengembangan mini market. Keempat wilayah tersebut adalah Kelurahan Kalijaga, Kelurahan Harjamukti, Kelurahan Kecapi dan Kelurahan Larangan. Sedangkan berdasarkan analisis lebih lanjut menggunakan SIG melalui proses overlay dan ekstraks, dihasilkan 2 (dua) lokasi yang optimal sebagai tempat beridinya mini market. Lokasi tersebut adalah bidang tanah dengan NOP : 327401000301200030 yang terletak di Jalan Kanggraksan Nomer 59 dan bidang tanah dengan nop 327401000401500510 yang terletak di Jalan Gunung Galunggung I Nomer 203.

The region selection for location of Yomart minimarket at Country of Cirebon considered some criteria, such as the size of population and resident characteristic, economic level, and emulation level. While in optimal location selection for minimarket, the location have to reside in environment of resident concentration, beyond environment of traditional market, beyond environment of minimarket, supermarket or residing at collector or artery street, can be reached by a publik transportation, residing in bustle environment, have wide of land;ground 70–250 meter2 broadly its above building 70–150 meter2 and use enabled only house and shop. Target of this Research is to determine potential region for development and optimal location for minimarket. Tools that used is Geographic Information System (SIG) and the method of multi criterion decision making of Simple Additive Weighting (SAW). In this research there are 10 (ten) of regional alternative to be analysed. Five chief of village reside in Subdistrict of Kesambi and 5 (five) of chief of village reside in Subdistrict Harjamukti. This research use spatial data for example street network map, block map of land and building tax (PBB), and boundary map of subdistrict administration. Some other map that used to be obtained from process of extraction from block map of PBB, among other is map location of traditional market, location map of minimarket and supermarket, location map of bustle. The route map of public transportation obtained from process of extraktion of of street network map. The attribute that used in this research are attribute of SISMIOP of Land and Building Tax; data of resident; data of public transportation route; location of traditional market, minimarket and supermarket; and income of resident mean. The result, there are 4 (four) region having value (VA) more than 0,5 as potential region for the development of mini market. Fourth of the region are Chief of Village Kalijaga, Chief of Village Harjamukti, Chief of Village of Kecapi and Chief of Village Larangan. While pursuant to furthermore analysis use SIG of through process of overlay and extraction map, yielded 2 (two) of optimal location as place of minimarket. The location area of land by NOP : 327401000301200030 which is located at Kanggraksan Street Number 59 and area of land by NOP : 327401000401500510 which is located at Gunung Galunggung I Street Number 203.

Kata Kunci : Pemilihan Lokasi, Sistem Informasi Geografis (SIG), Simple Additive Weighting (SAW), Site selection, Geographic Information System ( SIG)


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.