Laporkan Masalah

Strategi calon Kepala Daerah :: STudi kemenangan Ratna Ani Lestari pada Pilkada Banyuwangi 2005

PRATOMO, Joko, Amalinda Savirani, MA

2006 | Tesis | S2 Ilmu Politik (Politik Lokal dan Otonomi Daerah)

Penelitian ini merupakan eksplorasi mengenai Strategi Calon Kepala Daerah dengan kasus tentang kespektakuleran Kemenangan Ratna Ani Lestari pada Pilkada Banyuwangi 2005. Terdapat 4 (empat) keistimewaan kemenangan Ratna sehingga dikatakan spektakuler, yaitu : (1). Sebagai sosok perempuan yang mampu menang di daerah dengan kultur Islam yang kuat, terutama masalah pertentangan figur pemimpin, (2). Mampu bersaing di tengah isu tentang dugaan bahwa Ratna adalah seorang Non Muslim, (3). Menang dengan menggunakan Gabungan Partai Politik sebagai kendaraan politik untuk bersaing dengan partai besar, dan (4). Menang dengan kapasitasnya sebagai calon yang tidak dikenal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh Ratna Ani Lestari sebagai calon Kepala Daerah pada saat Pilkada Banyuwangi 2005. Strategi yang ingin digali adalah strategi pada ranah partai politik dan strategi pada ranah pemilih. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada ranah partai politik, strategi yang diterapkan lebih mengarah pada bentuk-bentuk strategi politik, seperti rekrutmen elit partai, lobby-lobby politik dan bargaining politik. Sedangkan pada ranah pemilih konsep strategi yang diterapkan lebih menekankan pada bentuk strategi pemasaran politik, seperti penerapan segmentasi, targeting, positioning serta bentuk pemasaran politik lainnya, yakni pemasaran langsung, tidak langsung dan terkoordinasi. Adapun program yang ditawarkan adalah pendidikan gratis dan subsidi biaya kesehatan. Selain hal tersebut diatas, perubahan posisi persaingan juga menentukan kemenangan Ratna pada event tersebut, baik di ranah partai politik maupun di ranah pemilih. Hal yang sangat mendasar dalam persaingan politik bahwa penerapan strategi selalu mengikuti insting para actor politik dan tidak terduga. Kejelian dalam menerapkan strategi posisi persaingan juga merupakan salah satu kunci sukses Ratna.

This research is an exploration about regional head candidate’s strategy with a winning spectacular case of Ratna Ani Lestari on the regional head election 2005 in Banyuwangi. There are four peculiarities about Ratna’s win so it is considered as spectacular, i.e. (1). She is a profile of woman who has a capacity to win in the regional head election, which there is a potent culture of Islam especially about controversial in a figure of leader, (2). She is capable to compete in a situation where many issues about assumption that Ratna is Non-Muslem, (3). She got her win by strategy of political parties coalition as political agent to compete with the bigger parties, and (4). She is capable to win with her capacity as an unpopular candidate. The objective of this study is to explore strategies applied by Ratna as a regional head candidate in the Banyuwangi’s regional head election of 2005. the strategy that will be explored is strategy in the domain of political party and domain of voters. Result of this study suggest that in the domain of political party, the strategy applied is focused on the models like recruitment of party elities, political intervention and bargaining. Where, in the domain of voters, the concept of strategy applied is focused on political marketing stratgeis, such segmentation, targeting, positioning, and other political stratgeis like direct, indirect and integrated marketing. The program offered are free education and helth subsidy. Beside several points above, the competing transformation also contribute to Ratna’s win in that event, both in the domain of political party and the domain of voters. The basic principle of political competition is that strategies application always follows the instinct of political sctors and it always out of estimation. The carefulness in applying the stratgeis of competing position also become Ratna’s key of success.

Kata Kunci : Pemilihan Kepala Daerah,Strategi Calon Bupati,Strategy, Competition, Regional Head Election


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.