Laporkan Masalah

Promosi kesehatan dengan metode Peer Education terhadap pengetahuan dan sikap siswa SMU dalam upaya pencegahan penularan HIV/AIDS di Kabupaten Belu-NTT

MAU, Djulianus Tes, dr. Titi Savitri P., MA.,M.Med.Ed.,Ph.D

2007 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (Perilaku dan Promosi

Latar Belakang : HIV/AIDS merupakan penyebab kematian nomer tiga di dunia, setelah penyakit TB. Paru dan malaria. Faktor yang memungkinkan tingginya penyebaran HIV/AIDS adalah prostitusi, penyalahgunaan obat, seks di luar nikah. Tiga puluh persen yang terkena HIV/AIDS adalah remaja. Diprediksi terdapat sekitar 11,8 juta remaja usia 15 hingga 24 tahun hidup dengan AIDS. Keadaan ini disebabkan tidak memadainya pengetahuan remaja tentang penyakit menular seksual dan HIV/AIDS, dan penggunaan jarum suntik yang tidak steril. Strategi pendidikan kesehatan yang diberikan lewat peer education pada kelompok siswa SMU merupakan langkah efektif untuk bergulirnya informasi kesehatan di kalangan siswa. Tujuan Penelitian : untuk mengetahui pengaruh promosi kesehatan dengan metode peer education siswa SMU dalam upaya pencegahan penularan HIV/AIDS di antara siswa SMU. Metode Penelitian : Jenis penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel penelitian siswa SMU Negeri 1 Kimbana dan SMU Negeri 1 Atambua sebanyak 112 orang, dipilih secara purposive. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur pengetahuan dan sikap siswa SMU. Analisis data diolah menggunakan uji statistik paired t-test dan independent t-test dengan tingkat signifikansi p < 0,05. Hasil : Ada pengaruh yang bermakna dalam peningkatan nilai pengetahuan dan sikap siswa SMU setelah 2 bulan diberikan promosi kesehatan dengan metode peer education. Selain itu, terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap siswa SMU trentang pencegahan HIV/AIDS antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini dimungkinkan karena intensitas pertemuan peer educator dalam promosi kesehatan yang dilakukan pada kelompok siswa secara kontinyu dengan mengintegrasikan berbagai metode pembelajaran dan intensitas komunikasi yang dilaksanakan sehingga menumbuhkan sikap rasa saling percaya dan menerima, merespon informasi kesehatan yang disampaikan oleh peer educator dalam setiap kegiatan. Kesimpulan : Promosi kesehatan dengan metode peer education efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa SMU dalam upaya pencegahan penularan HIV/AIDS.

Background: HIV/AIDS is the third greatest cause of death in the world after lung tuberculosis and malaria disease. Factors leading to the widespread of HIV/AIDS prostitution, drug abuse, premarital sex. Thirty percent of HIV/AIDS infected group are teenagers. It is estimated that there are about 11.8 million teenagers of 15 to 24 years of age living with AIDS. This is caused by limited knowledge of teenagers about sexual infectious disease and HIV/AIDS and use of non sterile hypodermic needle. Health education strategy through peer education among senior high school students is an effective way to give health information to students. Objective: The aimed of this research was to find out the influence of health promotion with peer education method to prevent HIV/AIDS infection among senior high school students. Method: The study was a quasi experiment with pretest – posttest control group design. Samples of the study were 112 students of Kimbana 1 and Atambua 1 public senior high school chosen purposively. Data were obtained through questionnaires to assess knowledge and attitude of senior high school students. Data analysis used paired t-test and independent t-test at significance level p<0.05. Result: There was significant influence in the increase of knowledge and attitude of senior high school students after 2 months of health promotion with peer education methods. Beside that to different knowledge and attitude students senior high school about prevention HIV/AIDS among experiment groups and control groups. This cause is influenced by intencity of meeting of peer educator in health promotion with done on groups students of senior high school continyunity by integrating many kind of learning methods and communication intensity held so that in grows trust each other students therefore it shows the responsibility attitude and accept health information with as said by peer educator in any activity. Conclusion: Health promotion with peer education method had effective knowledge and attitude of senior high school students to ward HIV/AIDS prevention.

Kata Kunci : Promosi Kesehatan,Peer Education,HIV/AIDS, health promotion, peer education, HIV/AIDS


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.