Laporkan Masalah

Evaluasi kinerja Terminal Bis Dara Bima :: Studi kasus di Kabupaten Bima

SANUDIN, Prof.Dr.Ir. Siti Malkhamah, M.Sc

2007 | Tesis | Magister Sistem dan Teknik Transportasi

Terminal Bis Dara Bima merupakan terminal yang masih berstatus sebagai terminal Tipe C, dimana berdasarkan Petunjuk Teknis Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat 1995, disebutkan bahwa Terminal Penumpang Tipe C adalah jenis terminal penumpang yang berfungsi melayani kendaraan umum untuk angkutan pedesaan. Akan tetapi pada kenyataannya saat ini Terminal Bis Dara Bima telah melayani AKDP dan AKAP sehingga seharusnya telah dilakukan peningkatan status fungsi terminal menjadi Terminal Penumpang Tipe A. Oleh karena itu berkaitan dengan permasalahan tersebut pada penelitian ini ingin diketahui tingkat performa atau kinerja dari Terminal Bis Dara Bima ditinjau dari parameter seperti kinerja fasilitas parkir kendaraan, kinerja fasilitas sirkulasi kendaraan dan kinerja fasilitas pelayanan pengunjung, sehingga lebih lanjut dapat dilihat kelayakan Terminal tersebut sebagai Terminal Tipe A dan strategi atau usulan terkait dengan optimalisasi kinerjanya. Untuk melakukan evaluasi kinerja yang dimaksud dilakukan pengumpulan data, yaitu data primer dan sekunder. Data-data primer yang dikumpulkan antaralain yaitu: Durasi Parkir kendaraan, dan headway tiap jenis angkutan umum (Angkot, Angdes, AKAP, AKDP) serta volume kendaraan di area sekitar terminal. Sedangkan untuk data sekunder yaitu berupa peta wilayah Kabupaten Bima, site plan terminal, dan statistik angkutan umum yang beroperasi di Terminal Dara Bima. Dari hasil analisis data didapatkan hasil secara umum bahwa Terminal Bis Dara Bima masih mampu dalam menampung angkutan umum yang beroperasi dan bahkan kapasitasnya masih dapat ditingkatkan.

Terminal Bus Dara of Bima represent terminal which still have status as type terminal of C, where pursuant to Technical Guide Traffic and Transportation Road published by Directorate Generating Communication of Land 1995, that is mention Terminal Passenger of Type of C functioning passenger terminal type serve vehicle of public for rural transportation. However practically in this time Terminal Bus Dara Bima have served AKDP and AKAP so that ought to have been conducted by make-up of terminal function status become Terminal Passenger Of Type A. Therefore relate to the the problems this research wish to be known by level of performer or performance of Terminal Bus Dara of Bima evaluated from parameter like facility performance park vehicle, facility performance of circulation facility performance and vehicle service of visitor, furthermore so that can be seen elegibility of Terminal mentioned as Terminal Type of A and proposal or strategy related to its performance optimalization. To evaluate performance this is such to be conducted by data collecting, that is primary data and of secondary. collected by Primary data for example: Durasi Park vehicle, and headway every public transport type (City Transport, Angdes, AKAP , AKDP) and also vehicle volume in area around terminal. While for data secondary that is in the form of regional map of Sub-Province of Bima, terminal plan site, and public transport statistic operating in Terminal Dara of Bima. From result of data analysis got result in general that Terminal Bus Dara of Bima still can in accomodating public transport operating and even its capacities admit of to be improved.

Kata Kunci : Terminal Bis,Evaluasi Kinerja, performance Terminal, Status Terminal, Evaluated


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.