Analisis formulasi strategi Perum Pegadaian menghadapi persaingan pada era pasar bebas
SRIYANI, Dr. Harsono, M.Sc
2006 | Tesis | Magister ManajemenDalam upaya menghadapi persaingan di era pasar bebas, Perum Pegadaian sebagai salah satu Lembaga Keuangan Bukan Bank, terus berupaya untuk meningkatkan kinerjanya, melalui rencana strategi yang disusun dalam sebuah Rencana Jangka Panjang. Thesis ini mereview / melihat kembali strategi yang telah dan sedang dijalankan oleh Perum Pegadaian, khususnya strategi korporat maupun bisnis yang telah tertuang pada Rencana Jangka Panjang Perum Pegadaian tahun 2004-2008. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis SWOT dan Matriks General Electric (GE) Model, yang digunakan untuk menentukan formulasi strategi optimal yang dapat ditempuh oleh Pegadaian, sebagai upaya untuk memperbaiki kelemahan dan mencari peluang yang dapat dikembangkan dimasa yang akan datang. Sedangkan data diperoleh dari Data Operasional Perum Pegadaian 2000-2004, Laporan Tahunan 2004, Profil Perusahaan Perum Pegadaian, Rencana Jangka Panjang Perum Pegadaian 2004-2008, Data Perbankan Indonesia tahun 2004, Statistik Ekonomi Keuangan Indonesia December – 2004. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Strategi Bisnis yang dapat diterapkan untuk memenangkan persaingan pada pasar global adalah strategi â€differensiasi yang terfokusâ€, pemberian porsi yang lebih dalam program Pemasaran, serta pengaktifan kembali divisi Penelitian dan Pengembangan (LITBANG), pencarian sumber dana murah, penyempurnaan visi dan misi perusahaan, mendukung strategi rapid growth secara selektif, ekspansi pasar di kota-kota besar, peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, diversifikasi produk dengan inovasi baru, peningkatan pelayanan operasional, serta selektifitas barang jaminan.
In the efforts to agains the competition in global market, Perum Pegadaian as one of Financial Institute Non Banking, non stopped to improve company’s performance, which is the strategic planning has been arranged in Long Term Planning. This paper have reviewed again the strategic had been done and doing activated by Perum Pegadaian, especially corporat strategic and business strategic in â€Perum Pegadaian Long Term Planning 2004-2008â€. Methode of data analysis used are Strength, Weakness, Opportunity, Threath (SWOT) analysis and General Electric (GE) Matrix Models, to be used for determine formulation of optimal strategic by Perum Pegadaian, as effort to improve upon weakness, and looking for opportunity could be developed in the future. While data obtained from Operational Data of Perum Pegadaian 2000-2004, Annual Report 2004, Company Profile, Perum Pegadaian Long Term Planning 2004-2008, Data of Indonesian Banking – 2004, and Indonesian Financial Statistics – December 2004. Result of Research are business strategic applied to win competition in global market is Focus Differentiation, Marketing Improvement, Re-activiting of Research & Development Division, Cheap Capital Livelihood, action of perfecting Company’s Vision and Mission, Supporting of rapid growth strategic, Market Expansion, Improving Quality of Human Resources, Product Diversification by New Innovation, Improving Operational Services, and Selectivity of Collateral Goods.
Kata Kunci : Strategi Perusahaan,Persaingan,Analisis SWOT, Competition, Long Term Planning, Strategic Formulation, SWOT Analysis, and Business Strategic