Strategi bisnis "LG Elektronik" meraih posisi market leader dalam industri elektronik di Indonesia
PAMULARSIH, Endang, Dr. Harsono, M.Sc
2006 | Tesis | Magister ManajemenLG Elektronik merupakan salah satu industri elektronik yang relatif maju pesat dalam perkembangannya. LG Elektronik saat ini merupakan tiga besar Industri Elektronik di Indonesia. Sesuai dengan visi perusahaan, maka LG bertujuan menjadi perusahaan Elektronik no 1 di Indonesia pada tahun 2007, yang berarti LG akan menjadi market leader dalam industri Elektronik di Indonesia. Sedangkan dalam tingkat global (dunia) LG mempunyai visi untuk menjadi No. 2 dalam Industri Elektronik di dunia pada tahun 2010, biasa disebut dengan “2 By 10“ (yang artinya no. 2 pada tahun 2010). Adapun tujuan yang hendak dicapai dari penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap LG Elektronik dalam struktur kompetitif pada industri elektronik di Indonesia; 2) Menganalisis kendala-kendala yang dihadapi LG Elektronik dalam meraih posisi market leader dalam industri elektronik Indonesia. 3) Mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan ancaman LG Elektronik; 4) Menyusun strategi LG Elektronik. Adapun hasil analisis yang telakukan dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Berdasarkan analisis strategic group map menunjukkan persaingan terbagi menjadi empat kelompok ; 2 ) Sebagai merek yang relatif masih baru di pasar Indonesia, tentu saja LGEIN mempunyai daya saing yang masih relatif rendah dibandingkan merek mapan; 3) Untuk mempertahankan posisinya sebagai market leader PT. LGEIN perlu melakukan strategi penetrasi pasar; 4) Melalui analisis SWOT dapat diketahui posisi LG Elektronik berada pada kuadran I. 5) Untuk mengatasi ancaman dari pihak pesaing maka harus tetap mempertahankan strategi diferensiasi dalam hal pelayanan ke konsumen, sehingga tingkat loyalitas konsumen tetap tinggi; 5) LGEIN perlu menambah varian produknya yang merupakan salah satu kunci pemecahan untuk memenangkan persaingan, sehingga mampu menjadi market leader.
LG Electronics is one of relatively rapid growing electronic industries in its development. LG Electronics at present is top three Electronic Industries in Indonesia. Given to corporate vision, LG aims to be the first electronic corporation in Indonesia in 2007, that means LG will be market leader in electronic industry in Indonesia. Whereas in global (world) level, LG has vision to be second number in Electronic Industry in the world in 2010, usually called as “2 By 10†(which means second number in 2010). Objectives will be reached out of this research are 1) identifying factors affecting to the LG Electronics in competitive structure in electronic industry in Indonesia; 2) analyzing obstacles LG Electronics has to face in reaching market leader position in Indonesian electronic industry; 3) understanding factors becoming strengths and weaknesses, as well as opportunities and threats for LG Electronics; and 4) arranging LG Electronics’ strategies. Analysis results having been done could be concluded as follow: 1) Based upon the analysis of strategic group map, it showed us that the competition was divided into four groups; 2) As relatively new trademark in Indonesian markets, of course, LGEIN has still relatively low competitiveness than established brands ; 3) In order to maintain its position as market leader PT LGEIN needed to perform market penetration strategy. 4) Through SWOT analysis it could be known LG Electronics’ position lies in the first quadrant. 5) To overcome threats from competitors, then it had to maintain differentiation strategy in service matter to customer, so consumers’ loyalty level kept high. 6) LGEIN to increase its product variants, because it was one of key solutions to win the competition, so it is able to be market leader.
Kata Kunci : Strategi Bisnis,Market Leader,Industri Elektronik, LG Electronics Indonesia, market leader, internal analysis, external analysis, SWOT analysis, strategy formulation