Analisis penerapan Reverse Auction dalam proses pengadaan barang/jasa di PT Pertamina (Persero)
DHARMA, Adji, Prof.Dr. Jogiyanto Hartono, MBA
2006 | Tesis | Magister ManajemenPerkembangan dunia saat kini menuntut untuk mengenal lebih jauh tentang teknologi, khususnya teknologi informasi dalam mendukung proses bisnis dari perusahaan. Begitu pula dengan dunia bisnis saat kini yang begitu ketat dalam persaingan sehingga menuntut untuk lebih praktis, hemat, transparan dan efisien dalam waktu maupun biaya. Pola bisnis dalam melakukan jual beli barang, maupun melelang barang yang selama ini dilakukan mengharuskan bertemu tatap muka, dengan adanya kemajuan teknologi saat kini, lebih memudahkan dalam bertransaksi tanpa harus bertatap muka langsung dengan penjual. Pada pola Business-to-Business (B2B), Business-to-Customer (B2C) maupun Customer-to-Customer (C2C) Marketplace, tempat bertemunya pemasok dan pembeli secara on-line, menemukan jalan untuk memberi kontribusi nyata pada peningkatan produktivitas sekaligus model bisnis melalui bisnis e-Auction. E-Auction adalah solusi real time on-line untuk otomatisasi proses lelang (auction) secara terintegrasi dalam suatu jaringan bisnis, baik sebagai pembeli maupun sebagai penjual, untuk meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya dan meningkatkan persaingan melalui media internet. Keuntungan lain sistem negosiasi e-Auction, harga yang diperoleh merupakan harga terbaik, karena adanya kesempatan yang diberikan kepada peserta yang bukan rangking 1 untuk turut dalam e-Auction agar dapat memberikan revisi harga penawaran secara berulang.
The growth of the world now a days claim to recognize more about technology, especially information technology in supporting business process. So also with the business environment which is competition that claim to be more practical, economical, transparent and efficient with expense and time. To conduct the Business pattern in selling and buying goods, and also to make auction which is during the time conducted in the face to face between buyer and seller, with the existence of technology progress at this moment, more facilitating in transacting without having to look in the face direct with the seller. In the pattern of business-tobusiness (B2B), business-to-customer (B2C) and also customer-to-customer (C2C) marketplace, the place to meet between supplier and buyer on-line, was finding a solution to give real contributions to the make-up of business productivity through e-Auction. E-Auction is an on-line solution for the automazing of processing the auction integrated in a business network. Better for buyers and sellers to increase profit, and improve the competitiveness through the internet. The other advantage of negotiating with the e-Auction system, is that we could obtained the price that represent the best price. This opportunity allow a competitor which is non no 1 ranking to partake in e-Auction by frequenly revising their prices.
Kata Kunci : Manajemen Perusahaan,Sistem Informasi Bisnis,E,auction, Business Information Systems, e-Auction, real time on-line, C2C, B2B, B2C.