Laporkan Masalah

Evaluasi strategi peluncuran kartu kredit ABN Amro Bank untuk meningkatkan pangsa pasar di Indonesia

IMHAR, Fabiola, Dr. Bambang Riyanto LS., MBA

2006 | Tesis | Magister Manajemen

Dengan semakin meningkatnya kondisi perekonomian Indonesia, semakin meningkat pula persaingan antar bank-bank, yang mengakibatkan makin menipisnya pendapatan yang diterima oleh bank-bank di Indonesia. Oleh karena itu, perbankan di Indonesia pun semakin lama semakin bersaing dalam meningkatkan pendapatan yang berdasarkan dari fee based income, seperti Kartu Kredit. Jumlah penduduk sebanyak 220 juta jiwa, menjadikan pasar Indonesia sangat empuk untuk kartu kredit. Bank ABN Amro Indonesia merupakan salah satu pemain lama di Indonesia, yang baru meluncurkan produk kartu kreditnya. Untuk dapat masuk ke pasar yang bersaing dalam produk kartu kredit ini, bank ABN Amro Indonesia perlu memformulasikan suatu strategi pada produk kartu kredit, dengan melihat kembali strategi yang pernah dan sedang dilaksanakan oleh ABN Amro Bank Indonesia yang dikaitkan dengan perkembangan perusahaan dan perkembangan industri perbankan di Indonesia itu sendiri. Perkembangan perusahaan di masa lalu didukung oleh kebijaksanaan pemerintah, perbaikan ekonomi masyarakat, meningkatnya tingkat kesadaran akan kebutuhan kartu kredit, serta dukungan pertumbuhan industri itu sendiri. Dari berbagai strategi yang diambil, perkembangan perusahaan, misi perusahaan adalah untuk lebih memantapkan lagi posisi bank terutama dalam Consumer Banking. Pada masa yang akan datang, peluang yang muncul disebabkan adanya perbaikan ekonomi, meningkatnya kesadaran konsumen akan kemudahan kartu kredit, perubahan gaya hidup, kemajuan teknologi dan prospek industri kartu kredit itu sendiri. Sedangkan ancaman diperkirakan akan timbul dengan munculnya regulasi dari Bank Indonesia, lambatnya perkembangan ekonomi, meningkatnya NPL dari kartu kredit dan kejahatan kartu kredit yang berasal dari meningkatnya teknologi di Indonesia. Secara keseluruhan, Bank ABN Amro Indonesia memiliki kemampuan yang kuat, jaringan distribusi yang kuat, ketersediaan dana, serta consumer base yang sudah cukup mapan. Sedangkan kelemahannya adalah kurangnya teknologi yang dimiliki dan strategi yang baik untuk memperkuat posisi bank itu sendiri. Strategi jangka panjang untuk ABN Amro Indonesia adalah yang mendukung pertumbuhan produk kartu kredit di ABN Amro, seperti mencoba pangsa pasar yang belum terjamah oleh kartu kredit-kartu kredit yang lain, juga dengan senantiasa meningkatkan kemampuan teknologi yang dimiliki oleh ABN Amro Bank Indonesia secara terus menerus.

With the increasing growth of Indonesian economic, the competition in all industries are increasing, banking industry included; causing a lesser income. Thus, fee based income transactions are looked and built again, to generate additional income for the banks, such as those for Credit Cards. With the current lifestyle, where everything is dynamic and always changing, the existence of Credit Card is highly accepted by the people. The 220 million population in Indonesia also makes Indonesia a great market for Credit Card. ABN Amro Bank Indonesia is one of the oldest bank existed in Indonesia, has just launched its own first Credit Card. To be able to compete in this market, ABN Amro Bank Indonesia needs to form the correct strategy by evaluating and analyzing the strategies currently implemented by ABN Amro Bank Indonesia in relation to the development of the company and the Credit Card industry in Indonesia itself. The growth of ABN Amro Bank Indonesia has been fully supported by government policy, economic growth, increased knowledge of banking products which resulted in the growth of the Credit Card Industry itself. Based on all the strategies implemented along with the growth of the company, the mission of ABN Amro Bank Indonesia is to improve its position in the Consumer Banking market, especially Credit Card. In the future, it is forecasted that the opportunities arising will be from economic improvement in Indonesia, increased knowledge and awareness of more banking product and Credit Card, lifestyle, and especially technology improvement will improve the growth of Credit Card in Indonesia. Threats are forecasted to arise shall there be more regulation from Bank Indonesia, slow economic growth, increasing Non Performing Loan and increasing crime due to the enhanced level of technology. However, overall, ABN Amro Bank Indonesia is a strong bank with good capability and knowledge of the Indonesian market, strong distribution channel, funds and customer base. The only weakness is the technology needs to be improved as well as a good strategy to complement the whole advantage it has. The long term strategy for ABN Amro Indonesia should support the growth of ABN Amro Credit Card Along with that, an improvement in technology used in ABN Amro Credit Card will give ABN Amro Bank Indonesia another competitive advantage.

Kata Kunci : Strategi Perusahaan,Kartu Kredit,SWOT, Credit Card, Banking, SWOT Analysis, Corporate Strategy


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.