Laporkan Masalah

Mengukur efektivitas iklan Sampoerna a Mild di media televisi

PRADOPO, R, Prof.Dr. Basu Swastha Dharmmesta, MBA

2006 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini dirancang untuk mengukur efektivitas iklan Sampoerna A Mild di televisi. Dalam melakukan pengukuran efektivitas iklan dilakukan dengan jalan mengetahui perbedaan pengaruh iklan pada dua kelompok konsumen yang berbeda yaitu yang merokok produk Sampoerna A Mild dan yang tidak merokok. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah iklan Sampoerna A Mild di televisi versi petinju dengan tema ”jalan pintas dianggap pantas” yang berdurasi 39 detik. Tujuan penelitian ini yaitu menilai seberapa efektif penayangan iklan rokok Sampoerna A Mild di televisi dalam mempengaruhi kesadaran, ketertarikan, sikap terhadap iklan, dan sikap terhadap merek dua kelompok konsumen yang berbeda. Penelitian ini dilakukan dengan metode surve i. Dalam penelitian ini jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 100 orang yang terdiri atas 50 responden yang merokok Sampoerna A Mild dan 50 responden yang tidak merokok. Hasil survei menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pada kesadaran (awarness) antara konsumen yang merokok Sampoerna A Mild dengan yang tidak merokok. Sementara, pada tataran afektif yang diwakili oleh ketertarikan, sikap terhadap iklan, dan sikap terhadap merek terdapat perbedaan antara konsumen yang merokok Sampoerna A Mild dengan yang tidak merokok. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah iklan Sampoerna A Mild di televisi efektif dalam membangun kesadaran responden. Namun, iklan Sampoerna A Mild di televisi kurang efektif dalam membentuk sikap yang lebih positif pada responden yang tidak merokok

This research was designed to measure Sampoerna A Mild’s advertising effectiveness in television commercials. Measuring advertising effectiveness was conducted by assessing the difference of advertising influence from two different samples between Sampoerna A Mild’s smoker and non smoker. Author used Sampoerna A Mild’s advertising boxing version with theme ”jalan pintas dianggap pantas”, 39 second length, in television commercials. The aim of this research was to assess how effectiveness Sampoerna A Mild cigarette advertising in television commercials influences awareness, liking, attitude toward ad, and attitude toward brand two different samples. The data were obtained by questionnaries from 50 respondent who smoke Sampoerna A Mild cigarette and 50 respondent who do not smoke. The result indicated that between smoker and non smoker did not differ significantly. Meanwhile, liking, attitude towards advertising, and attitude towards brand was significantly difference between two samples (smoker and non smoker). Author conclude that Sampoerna A Mild’s advertising was effective to arise awareness either Sampoerna A Mild smoker or non smoker. However, Sampoerna A Mild’s advertising failed in attitude shaping non smoker

Kata Kunci : Iklan,TV,Efektivitas, measuring, effectiveness, advertising


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.