Laporkan Masalah

Penilaian kondisi perkerasan jalan trans Sulawesi Kabupaten Morowali dan kemungkinan cara perbaikannya

SABALIO, Rustam, Dr.Ir. Hary Christady Hardiyatmo, M.Eng.,DEA

2006 | Tesis | S2 Teknik Sipil (Magister Pengelolaan Sarana Prasa

Ruas Tomata-Beteleme pada jalan Trans Sulawesi kabupaten Morowali merupakan jalan Negara yang berfungsi sebagai jalur utama angkutan barang maupun penumpang di wilayah Morowali sehingga memerlukan penanganan pemeliraan jalan. Karena itu perlunya penilaian kondisi perkerasan dalam upaya untuk memilih prioritas penanganan pada ruas jalan Tomata-Beteleme. Karena dengan menunda pemeliharaan jalan, kerusakan akan semakin parah,dan akibatnya biaya untuk memperbaiki akan semakin besar. Padahal alokasi anggaran untuk pemeliharaan sangat terbatas. Penelitian kerusakan dilakukan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan cara menentukan jalan-jalan yang akan disurvei yaitu jalan Trans Sulawesi ruas Tomata-Beteleme yang memiliki panjang keseluruhan 15 km. Dengan unit penelitian sepanjang 6 km, lalu membaginya 100 m x 4 m untuk setiap unit sample penelitian. kemudian mengamati setiap unit sample penelitian yang mengalami kerusakan dengan kriteria kerusakan yang terjadi pada segmen penelitian tersebut, lalu setiap jenis kerusakan diukur luasan atau panjangnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 11 jenis kerusakan yang terjadi yaitu alligator cracking, depression, block cracking, sweell, corrugation, shoving, atching, raveling, bleeding, long and transcracking, dan polished aggregate. Berdasarkan perhitungan nilai PCI rata-rata, Jenis kerusakan yang banyak terjadi pada ruas jalan Tomata-Beteleme adalah alligator cracking dengan luas total 699 m2 atau 32% dari keseluruhan kerusakan yang terjadi. Aligator Cracking adalah retak yang saling berhubungan dan berbentuk kulit buaya dengan kotak-kotak kecil yang teratur. Hal ini dapat disebabkan penurunan yang berlebihan pada tanah dasar atau lapisan dibawahnya yang tidak stabil akibat jenuh air.

The road section of Tomata-Beteleme in Trans Sulawesi road of Morowali regency is a state road functioning as the main line for goods and passengers transport in Morowali area. This condition requires road maintenance and management. Furthermore, it also requires a valuation upon the pavement condition in order to select the management priority for the road sections of Tomata-Beteleme. Postponement in road maintenance may cause more severe damage and consequently more expensive reparation cost too, in addition to limited maintenance budget allocation. Study on the Pavement deterioration was carried out using the Pavement Condition Index (PCI) method by determining the road to be surveyed, which was the Trans Sulawesi road section of Tomata-Beteleme with overall length of 15 kms. The 6 kms analysis unit was then divided into 100 m x 4 m for each sample unit. Then, each sample unit under the damage criteria of each analysis segment was observed and width and length of each type of the damage were measured. Results of the analysis showed that there were 11 types of deterioration ocurred: alligator cracking, depression, block cracking, sweell, corrugation, shoving, atching, raveling, bleeding, long and transcracking, and polished aggregate. Based on the calculation of avarege PCI value, type of the damage mostly ocurred on the road section of Tomata-Beteleme was alligator cracking with total width of 699 m2 or 32 % of the entire damages ocurred. Aligator Cracking is a correlated crack with alligator skin shaped and organized small squares figures. This condition may cause over-declining for soil base and layer below it, which is unstable due to water-saturated condition.

Kata Kunci : Jalan Raya,Trans Sulawesi,Perkerasan Jalan, Pavement condition index, damage types, rating, reparation


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.