Penerapan Prolog dalam Chess Game menggunakan metode pencarian Alpha-Beta Pruning
MUJIYANTO, Ir. F. Soesianto, B.Sc.E.,Ph.D
2006 | Tesis | S2 Teknik ElektroPenelitian ini dilakukan untuk mengembangkan bahasa pemrograman berbasis logika yang disebut Prolog dalam pemrograman catur. Telah banyak dilakukan penelitian dan pengembangan program-program untuk bermain catur, namun pada umumnya program-program tersebut menggunakan bahasa pemrograman prosedural. Prolog merupakan salah satu bahasa pemrograman utama dalam sistem kecerdasan buatan. Game playing merupakan salah satu bidang dalam sistem kecerdasan buatan pada domain aplikasi. Pada umumnya permasalahan dalam game playing sulit dipecahkan. Chess game merupakan jenis permainan yang sangat komplek, disamping itu dengan hadirnya pemain lawan akan menimbulkan faktor ketidak pastian. Adapun tujuan dari jenis permainan ini adalah untuk mencapai kondisi menang. Untuk mencapai kondisi tersebut diperlukan taktik dan strategi dalam permainan agar diperoleh gerakan yang terbaik. Alpha-beta pruning merupakan salah satu metode pencarian yang dapat digunakan dalam chess game guna mendapatkan suatu gerakan yang terbaik. Dalam implementasinya, metode Alpha-Beta pruning dibatasi untuk melakukan pencarian pada kedalaman dua level atau dua langkah ke depan. Program yang telah dihasilkan dalam penelitian ini merupakan sebuah sistem perangkat lunak untuk bermain catur berbasis pada bahasa pemrograman Prolog namun tanpa visualisasi papan catur dan sebagai user interface digunakan notasi-notasi standar dalam permainan catur untuk membuat gerakan buah catur dari posisi asal ke posisi tujuan.
This tesis was to develop the logic based language programming called Prolog to build a program of chess. Many researchers have done the research and development of chess programming. Commonly, the programs use the procedural language programming. Prolog is one of the main Artificial Intelligence (AI) language. Game playing is one of the field of AI system by the domain of application. Generally the problem of game playing is hard to solve. Chess game is a complex game. Moreover, the opponent introduces uncertainly. The goal of the game is to make the winning state. To get the goal need the tactic and strategy in the game to find the best move. Alpha-Beta Pruning is one of search methods that can be implemented in chess game to find the best move. In it’s implementation, the method is limited to do the search in two depth. The program that has been made in this research is a software that can be use to play a chess game. To make the move of material, is used the standard notation of chess game.
Kata Kunci : Bahasa Pemrogramam Prolog,Chess Game, Alpha, Beta Pruning, chess game, artificial intelligence.