Laporkan Masalah

Ibadah sebagai makna untuk survival karyawan Outsorce :: Kajian fenomenologi di Card Center PT. Bank Danamon Indonesia Tbk

UTAMI, Rakhmawati Sri, Fathul Himam, M.Psi.,MA.,Ph.D

2006 | Tesis | S2 Psikologi

Penelitian kualitatif Fenomenologi ini bertujuan untuk mengetahui makna kerja bagi karyawan outsource di card center bank Danamon Indonesia, Tbk Jakarta. Penelitian ini berusaha melihat makna kerja dari sudut pandang karyawan outsource dengan berbagai permasalahan berkaitan dengan status sebagai karyawan kontrak, karena itu dengan mengetahui makna kerja bagi karyawan outsource akan membantu memahami apa yang membuat karyawan outsource tetap bertahan bekerja di bank Danamon sebagai outsource. Penelitian ini menggunakan wawancara yang mendalam (in-dept interview) untuk mengumpulkan data dari 6 responden. Pemilihan responden dengan menggunakan theoritical sampling. Dalam melakukan penelitian kualitatif fenomenologi ada empat proses yang dilalui epoche, phenomenological reduction, imaginative variation, dan synthesis of meaning. Proses analisis dan interpretasi data meliputi braketing, horizonalizing, meaning units untuk mendapatkan deskripsi textural, imaginative variation, untuk mendapatkan deskripsi structural, dan memadukan (composite) deskripsi textural dan structural menjadi suatu makna yang universal dan mewakili responden secara keseluruhan. Validitas hasil penelitian dengan menggunakan intersubjective validity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun konsekuensi sebagai karyawan outsource kurang menguntungkan, namun mereka lebih memilih bertahan bekerja di card center Danamon sebelum mendapatkan pekerjaan yang lebih baik. Sebagai karyawan outsource ada beberapa konsekuensi yang harus mereka terima dan sebelum memutuskan untuk menerima pekerjaan tersebut, mereka sudah mengetahuinya. Konsekuensi tersebut antara lain standar gaji yang tidak sesuai dengan kinerja dan basic pendidikan mereka, jenjang karier yang tidak jelas dan beban pekerjaan yang semakin berat. Bagi karyawan outsource kerja merupakan perwujudan dari kebutuhan aktualisasi diri dan sebagai sarana ibadah, karena dengan bekerja karyawan outsource merasa telah memenuhi tanggung jawab sebagai individu maupun sebagai kepala keluarga. Keinginan untuk ’doing something’ yang mendorong mereka untuk tetap bertahan di Danamon sebelum mendapatkan pekerjaan lain. Mengingat setelah sekian tahun bekerja di Danamon sebagai outsource, dan melamar di tempat lain, usaha mereka belum mendapatkan hasil, sehingga mereka memilih tetap tinggal dan bekerja sebaik-baiknya. Apalagi bekerja di Danamon juga merupakan prestise bagi mereka. Mereka menyadari bahwa pekerjaan yang mereka kerjakan adalah untuk mempertegas eksistensi mereka sebagai individu. Karyawan outsource juga tetap bekerja dengan baik sesuai target dan keinginan manajemen agar kontrak kerja bisa terus diperpanjang

The phenomenology qualitative research is aimed to determine the work value for outsource employees in card center of Bank Danamon Indonesia, Tbk Jakarta. The research tried to observe the work value from outsource employees’ point of view and various problems relating their status as contract workers since knowing work value for outsource employees will help to understand what makes outsource employees still work in Bank Danamon as outsource. This research used in-depth interview for collecting data. 6 respondents were involved. Respondents were chosen by theoretical sampling. In phenomenology qualitative research, there were four (4) processes taken: epoche, phenomenological reduction, imaginative variation, and synthetics of meaning. The process of analyzing and interpreting data included bracketing, horizonalizing, meaning units to gain textural description, imaginative variation was used to gain structural description, and combine textural description with structural description turned into the meaning which was universal and representative to respondents in a whole. The validity of research results used intersubjective validity. The results show that consequences as outsource employees give less benefit, but they prefer to work in Danamon card center before getting better jobs. As outsource employees, they have some consequences and they had known them before accepting the job. Some of the consequences are inappropriate standard salary for their performance and educational backgrounds, indistinct career stage and harder workloads. Outsource employees think that working is a form of self-actualization and medium of worship since they feel to have fulfilled their responsibilities both as individuals and household heads. The desire for doing something supports them to keep working in Danamon before getting other jobs. Since they have worked in Danamon for many years as outsource, and failed to get other jobs, they choose to keep working there and do their best. During their work in Danamon card center, outsource employees still try to get better works, though the opportunities were perceived more little by their ages and married status. Outsource employees also work hard as the targets and direction of management that the contracts will be prolonged.

Kata Kunci : Aktualisasi Diri,Kinerja,Karyawan Outsource, outsource employees, sustain, work, performance, worship, self-actualization


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.