Laporkan Masalah

Belajar berdasar regulasi diri ditinjau dari kesadaran diri dan kecerdasan emosi pada mahasiswa Seminari Tinggi

KRISTANTO, Yoseph, Dr. Thomas Dicky Hastjarjo

2006 | Tesis | S2 Psikologi (Psikologi Pendidikan

Penelitian ini bertujuan mengungkap tingkat pengaruh langsung kesadaran diri (KD) dan kecerdasan emosi (KE) terhadap belajar berdasar regulasi diri (BBRD) pada mahasiswa Seminari Tinggi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mencari tingkat signifikansi prediktor belajar berdasar regulasi diri. Data penelitian diperoleh melalui metode survey terhadap 56 mahasiswa Seminari Tinggi St. Paulus (tingkat III dan IV), sebagai subjek penelitian. Skala Belajar Berdasar Regulasi Diri, Skala Kesadaran Diri, dan Skala Kecerdasan Emosi merupakan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan ganda dengan bantuan program statistik SPSS Versi 13,0 for Windows. Hasil analisis regresi mengungkap bahwa kesadaran diri dan kecerdasan emosi tidak berpengaruh langsung terhadap belajar berdasar regulasi diri mahasiswa. KD dan KE bukan merupakan prediktor bagi BBRD, karena secara bersama-sama didapat nilai R = 0,154 dengan p = 0,530 (tidak signifikan). Sedangkan korelasi BBRD dengan KD didapat nilai r = - 0,154 dan p = 0,262 (tidak signifikan); dan korelasi BBRD dengan KE nilai r-nya 0,023 dengan p sebesar 0,866 (tidak signifikan).

This study was a correlational study which aimed at revealing the extent to which the direct effect of self-consciousness and emotional intelligence on Self- Regulated Learning of University Student and also finding out how significant the role of self-consciousness and emotional intelligence toward self-regulated – learning of university student of Major Seminary. Data for the study were obtained through surveys. The subjects were 56 university students of St. Paul’s Major Seminary (grade III and IV). Self- Regulated Learning Scale, Self-Consciousness Scale, and Emotional Intelligence Scale were used as instruments. Data were analyzed using Regression Analysis, with the help of SPSS Version 13.0 for Windows. The result of multiple regression analysis showed that self-consciousness (SC) and emotional intelligence (EI) were not significantly affected self-regulated learning (SRL) of university student. SC and EI were not predictor of SRL, because the coefficient correlation (R) was 0,154 with probability 0,530 (not significant). Meanwhile, the coefficient correlation between SRL and SC was – 0,154 for r and p: 0,262 (not significant); and the number of correlation between SRL and EI was 0,023 (r) and p: 0,866 (not significant).

Kata Kunci : Kecerdasan Emosi,Kesadaran Diri,Belajar Regulasi Diri, Self-Consciousness, Emotional Intelligence, Self-Regulated Learning


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.