Program Parenting "Mendidik dengan Cerdas" sebagai intervensi untuk meningkatkan pemahaman Parental Discipline
HIDAYATI, Farida, Kwartarini WY., M.Med.Sc.,Ph.D
2006 | Tesis | S2 Psikologi (Psikologi Klinis)Pentingnya disiplin dalam aspek kehidupan manusia sebagai mahluk sosial, maka perlu untuk ditanamkan sedini mungkin dalam proses pembentukannya. Kedisiplinan berarti mengajarkan nilai, norma dan standart sosial sehingga anak kelak tidak mengalami kesulitan dalam proses adaptasi dengan lingkungan. Dalam proses pembentukanm disiplin, peran orangtua menjadi penting dan utama. Untuk itu dibutuhkan pemahman bagi orangtua bagaimana cara menanamkan kedisiplinan dalam pendidikan bagi anak-anaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Parenting Program “Mendidik dengan Cerdas†terhadap parental discipline pada orangtua. Selain itu penelitian ini bertujuan melihat perbedaan parental discipline kelompok yang mendapat perlakuan Parenting Program “Mendidik dengan Cerdas†dengan yang tidak mendapat perlakuan. Subyek dalam penelitian ini adalah sebanyak 23 orang, 11 subjek dalam kelompok eksperimen dan 12 subjek sebagai kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur parental discipline adalah skala parental discipline yang dibuat oleh peneliti. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design dengan metode analisis data menggunakan t –test. Hasil penelitian setelah perlakuan menunjukkan ada perbedaan parental discipline yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan (t = 4.884 ; p < 0.001), kelompok eksperimen mempunyai parental discipline lebih tinggi dengan Mean = 122.64 dibandingkan dengan kelompok kontrol (Mean = 106.50). Berdasarkan hasil tersebut diatas, maka Program Parenting “Mendidik dengan Cerdasâ€dapat meningkatkan pemahaman parental discipline.
The importance of discipline in human being life, as specially in social life, make discipline need to be developed as early as possible. Discipline is teaching value, norm and social standard, so that children a do not facing difficulties in the process of environment adaptation. The parent’s role is important and necessary in the process to suggest discipline in children education. This research was aimed to find out the influence of Parenting Program “Mendidik dengan Cerdas†– toward parental discipline. More over this research was aimed to find out the difference of parental discipline between experiment group and control group. The subject was 23 mothers, 11 mothers were grouped into experimental group and 12 mothers were grouped into control group. The research using Parental Discipline Scale to measure parental discipline. Pretest-posttest control group design was used as the experimental design of this research, and the data were analyzed by t-test. The result showed there was a significant difference of parental discipline between experimental group and control group (t = 4.884 ; p = 0.000) The experimental group showed higher parental discipline (Mean = 122.64) than did control group (Mean = 106.50). According to the research result, the Parenting Program “Mendidik dengan Cerdas†was effective to increasing the knowledge of parental discipline.
Kata Kunci : Kedisiplinan,Program Parenting, Parenting Program “Mendidik dengan Cerdasâ€, Parental Discipline